Menhub Pantau Puncak Arus Balik Libur Akhir Tahun dari Brebes
TEMPO.CO | 01/01/2018 18:27

TEMPO.CO, Brebes - Puncak arus balik libur Natal dan tahun baru diprediksi akan terjadi pada Senin malam ini, 1 Januari 2018. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau situasi arus balik di sejumlah daerah dari Tol Brebes Timur (Brexit), Senin, 1 Januari 2017.

Budi Karya tiba di Brebes, Jawa Tengah, sekitar pukul 14.30 WIB. Dia didampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Dirjen dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dalam kesempatan itu, Budi Karya memantau situasi arus balik di sejumlah daerah seperti Cikarang, Merak, hingga Bali menggunakan video conference.

Baca juga: Polri: Besok Puncak Arus Balik Libur Natal

Selain memantau lewat video, Budi juga melakukan pantauan udara di Jalur Pantura dari Semarang, Batang, hingga Brebes. “Tadi kami pantau dari Semarang, Batang, hingga Pemalang masih relatif landai. Mestinya, sore ini belum ada peningkatan kendaraan yang signifikan,” kata Budi.

Kendati demikian, pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan di Cikarang Utama pada malam ini. Sebab, masih banyak kendaraan dari Bandung yang sedang bergerak menuju Jakarta.  “Makanya kami nanti akan melakukan kunjungan di Cikarang Utara,” katanya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Libur Natal Hari Ini, Lihat Strategi Polisi

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto mengungkapkan, kepadatan arus lalu lintas di Brebes diprediksi akan terjadi malam ini. Informasi yang dia dapatkan, arus kendaraan dari Semarang dan Pemalang sudah terjadi kepadatan. “Peningkatan volume kendaraan pada arus balik ini  sudah terjadi sejak Jumat 29 Desember 2017 lalu. Hari ini sudah ada peningkatan 69 persen,” kata dia.

Kepolisian sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jika Brexit mengalami penumpukan, yakni dengan mengalihkan kendaraan menuju Pintu Tol Brebes Barat melalui Brebes Kota. “Kalau ekor kepadatan tembus pertigaan Brebes Timur, kami langsung alihkan ke Brebes Barat,” ungkapnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT