AS Tuntut Turki Bebaskan Pastor Brunson Bila Ingin Lira Kuat
TEMPO.CO | 23/08/2018 12:53
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

TEMPO.CO, Jakarta - Penasihat keamanan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, Turki dapat mengakhiri krisis mata uang lira jika bersedia membebaskan pastor Andrew Brunson tanpa syarat.

"Bantuan Qatar tidak bakal dapat membantu memulihkan ekonomi Turki," kata John Bolton kepada kantor berita Reuters.Andrew Craig Brunson, seorang pendeta evangelis asal Black Mountain, North Carolina, Amerika Serikat tiba di rumahnya di Izmir, Turki, 25 Juli 2018.[AP Photo / Emre Tazegul]

Mata uang Turki terjun bebas, melemah hingga 45 persen terhadap dolar Amerika Serikat sejak Washington menaikkan tarif dagang sebagai balasan atas penahanan pastor Brunson yang dituding terlibat dalam kudeta gagal pada Juli 2016.

Baca: Turki Tolak Bebaskan Pastor Amerika Serikat

Brunson menolak dituding bersalah. Ankara sangat yakin bahwa pria yang tinggal di Turki selama dua dekade itu memiliki hubungan dengan ulama Turki yang tinggal di pengasingan Amerika Serikat, Fethullah Gulen.

"Fethullah Gulen dituduh oleh Presiden Presiden Recep Tayyip Erdogan berada di balik kudeta 2016," Al Jazeera melaporkan.

Saat ini, Brunson berada di dalam rumah tahanan. Dia telah diperam di terali besi selama 21 bulan sejak ditangkap aparat keamanan Turki. "Lihat, pemerintah Turki telah membuat sebuah kesalahan besar dengan tidak membebaskan pastor Brunson," kata Bolton kepada Reuters.

Untuk memperkuat ekonomi Turki setelah dihantam krisis keuangan melawan Amerika Serikat, Emir Qatar menyetujui paket proyek ekonomi termasuk memberikan dukungan dana sebesar US$ 15 miliar atau setara dengan Rp 219 triliun (kurs Rp 14.632 per satu dolar Amerika Serikat) untuk Turki.Pastor Andrew Brunson. aclj.org

Meskipun demikian, Bolton meragukan bantuan negara Teluk yang juga sekutu dekat Amerika Serikat di Timur Tengah, selain Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir tersebut dapat memperkokoh ekonomi Turki.

Baca: Perang Dagang Turki - AS, 3 Ancaman Erdogan kepada Trump

"Saya rasa bantuan yang diberikan Qatar tidak akan memiliki dampak terhadap ekonomi Turki," ucapnya.

Turki mengalami pelemahan mata uang terburuk tahun ini. Pelemahan itu dipicu perselisihan dengan Washington terkait dengan penahanan pastor Brunson. Pekan lalu, pengadilan di Provinsi Izmir, Turki, menolak banding untuk membebaskan Brunson.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT