Dua Masjid di Inggris Diketapel Pakai Bola Baja
TEMPO.CO | 17/08/2018 13:30
Dua Masjid di Inggris Diketapel Pakai Bola Baja
Masjid Qamaraul di Birmingham Inggris dilempari bola-bola baja menggunakan ketapel pada hari Rabu malam, 15 Agustus 2018.

TEMPO.CO, Jakarta - Dua masjid di Birmingham, Inggris dilempari bola-bola baja dengan menggunakan ketapel berdaya lontar besar sehingga merusak kaca jendela masjid.

Masjid Qamaral di Fosbrhooke Road, Small Health yang pertama kali dihujani bola-bola baja dan sekitar 20 menit kemudian giliran masjid Al-Hijrah di Hob Moor Road dilempari bola-bola baja.

Peristiwa yang belum diketahui pelakunya dan motifnya terjadi saat berlangsung sembahyang pada hari Rabu, 15 Agustus 2018 jam 10 malam.

Polisi bersenjata dikerahkan ke dua masjid yang dilempari bola-bola baja.

"Pengerahan ini untuk pencegahan," ujar seorang polisi melalui akun Twitternya, seperti dikutip dari Al Jazeera, 16 Agustus 2018.

Polisi menganggap lemparan bola-bola baja ini berpotensi membunuh orang.

Sehari setelah peristiwa itu, polisi melakukan penyelidikan yang dianggap sebagai kejahatan kebencian.

 

Tell MAMA UK, pemantau kejahatan kebencian di Inggris mengutuk keras serangan ketapel ke dua masjid itu.

Serangan bola baja terhadap  2 masjid di Birmingham bertepatan dua hari setelah penangkapan seorang pria berusia 29 tahun asal Birmingham atas tuduhan melakukan kejahatan terorisme.

Tuduhan terorisme dijeratkan padanya setelah pria tersebut menabrakkan mobilnya ke arah pembatas keamanan parlemen Inggris di London pada hari Selasa, 14 Agustus 2018. 

Naveed Sadiq yang saat peristiwa pelemparan bola-bola baja ke arah Masjid Al-Hijrah sedang bersembahyang, merasa serangan itu kemungkinan terkait dengan kasus penangkapan pria di London tersebut.

 

 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT