Bersihkan Kali Item, Kementerian PUPR: Tak Masalah, Itu Biasa
TEMPO.CO | 30/07/2018 06:22
Bersihkan Kali Item, Kementerian PUPR: Tak Masalah, Itu Biasa
Warga Jakarta menabur bubuk penghilang bau di Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Utara, 29 Juli 2018. Tempo/Imam Hamdi

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ikut membantu pembersihan Kali Item atau Kali Sentiong di Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis Sumadilaga, pembersihan kali adalah kerja sama antar-instansi untuk mensukseskan perhelatan Asian Games 2018.

Baca: Jaring Tak Efektif, Bau Kali Item sampai ke Lobi Wisma Atlet

"Tidak ada yang mengambil alih. Ini kerja sama aja antar-instansi. Tidak ada masalah. Biasa itu," kata Danis Sumadilaga saat dihubungi, Ahad, 29 Juli 2018.

Danis mengatakan Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus berupaya semaksimal mungkin membersihkan kali yang melewati Wisma Atlet Kemayoran itu. Dia menambahkan, hal itu juga untuk menjaga kebersihan kali yang berkelanjutan.

Menurut Danis, saat ini upaya pembersihan terus dilakukan. Selanjutnya akan digelontorkan atau menyalurkan air dari hulu. Hal tersebut bertujuan agar air mengalir dan bau bisa terus berkurang.

"Upayakan dibersihkan dulu sampahnya. Kemudian digelontor, disiram air dari hulu," ujar Danis.

Pada 27 Juli 2018, Kementerian PUPR membersihkan Kali Item. Upaya itu dilakukan melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Dinas PU Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Jumat, 27 Juli 2018, Kementerian PUPR mengupayakan penggelontoran air pada Kali Sentiong dengan cara membuka pintu air Gang Kelor. Air berasal dari Bendung Katulampa di Bogor yang dialirkan hingga ke Kali Sentiong melalui Kali Baru Timur.

Di samping itu, secara paralel juga dilakukan upaya mengalihkan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa. Dengan begitu, debit air kotor yang masuk ke Kali Sentiong bisa dikurangi.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR menyebutkan uji coba skema telah dilakukan selama sepekan, mulai 5 hingga 11 April 2018. Berdasarkan observasi, langkah yang dilakukan telah memberikan hasil yang cukup baik dalam mengurangi bau kali.

Penghilangan bau di Kali Item dan Kali Sentiong berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games ke-18. Alasannya, kualitas air pada Kali Sentiong dan Kali Item dapat mempengaruhi kenyamanan atlet dan ofisial dari berbagai negara yang menghuni Wisma Atlet Kemayoran selama Asian Games berlangsung.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan berbagai cara untuk menetralisasi bau dari Kali Sentiong, yang karena warnanya lebih dikenal sebagai Kali Item. Pemda di antaranya telah memasang satu unit nano bubble dan tiga aerator di Kali Item.

HENDARTYO HANGGI | CHITRA PARAMAESTI | DEVY ERNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT