MenPAN-RB: Pengumuman CPNS 2018 Tunggu Kepastian Keuangan Negara
TEMPO.CO | 23/07/2018 16:43
MenPAN-RB: Pengumuman CPNS 2018 Tunggu Kepastian Keuangan Negara
Presiden Joko Widodo berbincang dengan para peserta saat memberikan kuliah umum kepada ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Istora Senayan, Jakarta, 27 Maret 2018. Foto: Biro Pers Setpres.

TEMPO.CO, Jakarta - Pengumuman resmi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 atau CPNS 2018 masih menunggu keputusan soal kemampuan keuangan negara. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan kementerian dan lembaga telah mengajukan formasinya ke kementeriannya.

"Kami masih merundingkan kemampuan keuangan negara. Kalau keuangan negara sudah memungkinkan maka akan saya umumkan," ujar Asman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 23 Juli 2018.

Asman mengatakan kementeriannya juga tengah melakukan validasi atas formasi yang akan dibuka dalam seleksi CPNS 2018. Ia belum bisa memastikan kapan akan mengumumkan ihwal pembukaan seleksi CPNS 2018.

"Pokoknya secepatnya. Tahun ini kami umumkan," kata Asman lagi.

Sebelumnya di lokasi berbeda Asman Abnur mengatakan jadwal pendaftaran CPNS akan dipublikasi dalam waktu dekat. "Lagi kita finalisasi. Jadi nanti kalau sudah final saya umumkan. Itu ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus," kata Asman.

Asman berharap hal tersebut bisa terealisasi pada Juli 2018. Ia menyebut jumlah PNS yang akan direkrut mencapai 220-250 ribu orang.

Namun Asman enggan membocorkan gambaran formasi CPNS 2018 itu karena butuh waktu untuk melakukan finalisasi. Kementeriannya bersama BKN masih memperhitungkan sejumlah faktor, seperti jumlah pegawai yang akan pensiun tahun ini dan belanja pegawai di pemerintah pusat dan daerah.

Nantinya, proses rekrutmen akan dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id. Namun sejak beberapa waktu lalu, situs tersebut belum bisa dibuka oleh masyarakat. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan mengatakan situs akan bisa diakses setelah pendaftaran CPNS resmi diumumkan.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT