Masuk Daftar Cawapres Jokowi, Mahfud MD: Saya Enggak tahu
tempo.co | 11/07/2018 14:00
Masuk Daftar Cawapres Jokowi, Mahfud MD: Saya Enggak tahu
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD (kanan) memberi sambutan saat seleksi calon legislatif PSI di kantor DPP PSI, Jakarta, 22 April 2018. Mahfud mengaku menaruh harapan pada PSI sebagai partai baru yang belum memiliki catatan apa pun di bidang politik. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD tak tahu menahu mengenai namanya yang disebut-sebut berpotensi menjadi calon wakil presiden atau cawapres Jokowi dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2019. "Saya enggak tahu, kan bukan saya yang memasukkan," kata Mahfud MD di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Juli 2018. 

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menyebut nama Mahfud adalah daftar nama bakal cawapres yang telah dikantongi oleh Jokowi. Ia mengatakan 10 nama cawapres Jokowi itu berasal dari latar belakang partai politik, militer, teknokrat, hingga tokoh-tokoh Islam.

Baca: 
SBY Penasaran dengan Sosok Cawapres Jokowi
Cawapres Jokowi Diprediksi dari Kalangan ...

Tak hanya Arsul yang menyebutkan nama Mahfud dalam daftar bakal cawapres Jokowi. Survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA juga menampilkan nama Mahfud MD sebagai salah satu cawapres ideal Jokowi dari kalangan tokoh agama berpengaruh.

Mahfud mendapat 9,5 persen suara dari responden yang ditanyai dalam survei Lingkar Survei Indonesia. Selain nama Mahfud, ada juga nama Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin yang dipilih oleh 21 persen responden, tokoh Muhammadiyah dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Din Syamsuddin 17,2 persen, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang atau TGB Zainul Majdi 12,3 persen.

Baca:
Cawapres Jokowi Diprediksi dari Kalangan ...
Teka-teki Sosok Cawapres Jokowi, NasDem ...

Mahfud MD berkelakar ketika sejumlah awak media bertanya bagaimana jika terpilih menjadi cawapres Jokowi pada pilpres 2019. "Nanti saya jawab. Jawabnya ke Pak Jokowi… ha-ha-ha." Mahfud menjawab dengan tawa berderai-derai.

Meski masuk dalam daftar nama cawapres Jokowi, sampai saat ini Mahfud mengaku belum membicarakannya dengan Jokowi mengenai rencana itu.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT