Jet Pribadi Jatuh di Iran, Putri Konglomerat Turki Tewas Usai Pesta di Dubai
TEMPO.CO | 13/03/2018 09:27
Jet Pribadi Jatuh di Iran, Putri Konglomerat Turki Tewas Usai Pesta di Dubai
Mina Basaran, Putri Konglomerat Turki Tewas Kecelakaan Pesawat

TEMPO.CO, Jakarta - Putri seorang konglomerat Turki, Huseyin Basaran, meninggal dunia setelah pesawat jet pribadi, yang ditumpanginya bersama beberapa teman wanitanya, jatuh di kawasan pegunungan di Iran.

Mina Basaran, 28, dan 7 teman wanita lainnya mengalami kecelakaan saat dalam penerbangan dari Dubai ke Turki seusai merayakan 'pesta lajang' sebelum pernikahannya bulan depan.

Baca: Menteri Turki Kunjungi Iran Bicara Soal Suriah

Seperti dilansir media Business Insider, juga terbunuh adalah tiga awak dari jet pribadi Bombardier Challenger C600, yang dimiliki oleh Basat Yatirim Holding, perusahaan milik ayah Mina. Basaran Investmen Holding, yang merupakan induk perusahaan konglomerat Basaran, telah aktif di Turki sejak 1930 dan memiliki banyak investasi dari produksi kacang hazelnut hingga energi, pariwisata, dan konstruksi. 

Baca: Iran dan Turki Kutuk Serangan ke Masjid Syiah Afganistan

Seperti dilansir Al Jazeera pada 13 Maret 2018, pesawat nahas itu berangkat dari Sharjah di Uni Emirat Arab (UEA) dan insiden itu terjadi di pegunungan Zagros di Teheran.

Komisi Penerbangan Sharjah membenarkan enam penumpang adalah warga Turki sementara dua lainnya adalah WN Spanyol.

Mina dijadwalkan menikahi pengusaha Turki, Murat Gezer, pada 14 April di Istana Cirali, Istanbul.

Kematian Mina yang merupakan selebgram terkenal Turki mengundang simpati dari warga. Banyak orang yang mengungkapkan simpati dan kesedihan di media sosial.

Mina Basaran memiliki sekitar 85.000 pengikut di Instagram dan telah mengunggah foto perjalanannya ke Uni Emirat Arab.

Salah satu foto terakhir di akun Instagram-nya menunjukkan dia dikelilingi tujuh wanita muda lainnya. Semuanya mengenakan jubah mandi berwarna pink dan kacamata hitam. Unggahan itu diberi judul #minasbachelorette, dengan keterangan foto itu diambil di sebuah hotel di Dubai.

Satu foto lagi menunjukkan dia naik pesawat saat memegang bunga.

Pada hari Minggu malam, hanya beberapa jam setelah berita tentang kecelakaan itu, ada lebih dari 7.000 komentar di foto ini. Akun Instagram MIna kemudian ditutup.

Meskipun tidak diketahui apa yang menyebabkan kecelakaan itu, seorang saksi mengatakan kepada televisi pemerintah Iran pesawat konglomerat Turki ini terbakar saat berada di udara.Petugas medis dan penyelamat telah mengevakuasi jasad korban yang tewas dalam kecelakaan itu.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT