Stok BBM Terbatas, Kapal Penyeberangan Sorong - Raja Ampat Operasi Sekali Sehari
TEMPO.CO | 25/06/2021 15:26
Wisatawan asing menaiki kapal yang disewanya, usai melakukan diving di kawasan pantai Sawandarek di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, 22 November 2019. Terdapat berjenis karang yang indah, berbagai jenis ikan salah satunya ikan paus hitam dan
Wisatawan asing menaiki kapal yang disewanya, usai melakukan diving di kawasan pantai Sawandarek di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, 22 November 2019. Terdapat berjenis karang yang indah, berbagai jenis ikan salah satunya ikan paus hitam dan juga hiu membuat Sawandarek menjadi salah satu spot pilihan wisatawan untuk snorkeling dan diving. TEMPO/Fardi Bestari

TEMPO.CO, Sorong - Kapal cepat angkutan penyeberangan Sorong-Raja Ampat milik PT Belibis hanya melayani penumpang satu kali dalam sehari karena stok BBM pada Pertamina setempat terbatas.

Kapal cepat yang biasanya melayani penyeberangan Sorong-Raja Ampat dua kali dalam sehari yakni pukul 9.00 WIT dan pukul 14.00 WIT kini hanya sekali pada pukul 14.00 WIT dikarenakan stok BBM di Pertamina menurun.

Rahma staf loket penjualan tiket kapal cepat Sorong-Raja Ampat di Pelabuhan Rakyat kota Sorong, Jumat, menjelaskan kepada para penumpang bahwa untuk sementara waktu pihaknya hanya bisa melayani satu kali pelayaran dalam sehari yakni pukul 14.00 WIT karena stok BBM di Pertamina menurun.

Begitu juga rute pelayaran dari Raja Ampat ke kota Sorong yang sebelumnya dua kali dalam sehari, kini menjadi satu kali dalam sehari.

Dia belum bisa memastikan kapan pelayaran bisa normal kembali yakni dua kali dalam sehari, pagi dan siang hari, karena masih menunggu informasi stok BBM dari Pertamina.

Informasi pelayanan pelayaran satu kali dalam sehari akibat terkendala stok BBM oleh PT. Belibis juga sudah tersebar luas di grup WhatsApp para pelaku pariwisata Raja Ampat.

Unit Manajer Communication, Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero) Papua dan Maluku, Edi Mangun yang dikonfirmasi membantah terjadi penurunan stok BBM di Pertamina wilayah Sorong.

Dia menambahkan bahwa stok BBM industri di Pertamina kota Sorong aman untuk memenuhi kebutuhan hingga 14 hari ke depan.

"Saat ini stok BBM dari Depot Pertamina Wayame Ambon sedang dalam pengiriman sehingga dipastikan stok BBM terpenuhi bagi kebutuhan di wilayah Sorong," ujarnya.

Baca Juga: Pertamina Beberkan Pemicu Antrean Panjang Kendaraan di Sejumlah SPBU Padang


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT