Hadapi Arus Balik Lebaran, Tes Acak Bakal Diberlakukan untuk Pemudik di Bekasi
TEMPO.CO | 16/05/2021 14:59
Petugas Kepolisian menghalau sejumlah pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Ahad, 9 Mei 2021. Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri,Dishub dan Sa
Petugas Kepolisian menghalau sejumlah pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Ahad, 9 Mei 2021. Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri,Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. ANTARA/Fakhri Hermansyah

Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan sebanyak 30 ribu alat tes Covid-19 antigen dalam menghadapi arus balik Lebaran 2021. Sasarannya adalah para pemudik yang baru saja pulang dari kampung halamannya.

"Tes kepada pemudik sudah berlangsung sejak kemarin," kata Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah ketika dihubungi hari ini, Ahad, 16 Mei 2021.

Alamsyah menuturkan, pengecekan secara acak kepada pemudik dilakukan di posko penyekatan Kedungwaringin, jalur utama perbatasan antara Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang.

Sementara itu, tes juga dilakukan kepada pemudik di rumahnya masing-masing. Kepolisian telah memberikan tanda di rumah-rumah pemudik dengan stiker khusus, isinya berupa kewajiban melakukan tes Covid-19 antigen.

"Sementara alat yang kami siapkan sebanyak 30 ribu unit," kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, pengetesan massal secara acak untuk memastikan bahwa pemudik yang baru saja berinteraksi di kampung halamannya tidak terpapar virus corona. Jika ditemukan ada yang reaktif, maka dilanjutkan dengan tes PCR.

Dilansir dari situs https://pikokabsi.bekasikab.go.id/, data terkini kasus Covid- 19 di wilayah Kabupaten Bekasi sudah mencapai 25.548, ada penambahan sebanyak 10 kasus dalam sehari ini. Adapun kasus aktif tercatat 122. Kondisi ini jauh lebih landai dibandingkan periode Januari lalu.

Baca juga: Epidemiolog Soal Ledakan Kasus Covid-19 Usai Lebaran: Kuncinya Penguasaan Data

ADI WARSONO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT