Mampir di Rest Area Tol Saat Mudik 2021? Siap-siap Kena Tes Acak Antigen
TEMPO.CO | 05/05/2021 07:16
Foto kolase perbandingan suasana kendaraan pemudik di rest area Candiareng sebelum adanya pandemi COVID-19 (atas), dan saat pandemi (bawah) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat, 22 Mei 2020. Menjelang Lebaran, rest area Candiareng Kabupaten Batang terp
Foto kolase perbandingan suasana kendaraan pemudik di rest area Candiareng sebelum adanya pandemi COVID-19 (atas), dan saat pandemi (bawah) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat, 22 Mei 2020. Menjelang Lebaran, rest area Candiareng Kabupaten Batang terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari pemerintah. ANTARA/Harviyan Perdana Putra

TEMPO.COJakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk membangun sejumlah posko untuk kebutuhan tes acak rapid antigen bagi para pemudik yang beristirahat di rest area jalan tol. Tes acak ini dilakukan setelah pemerintah resmi melarang masyarakat mudik lebaran, dari 6 sampai 17 Mei 2021.

"Dilakukan mulai pukul 10.00 sampai 12.00," kata Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business, Tita Paulina dalam konferensi pers di Jasa Marga Toll Road Command Center, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 4 April 2021.

Tempo merangkum sejumlah informasi mengenai tes acak ini, berikut di antaranya:

Baru Tiga Lokasi

Sejauh ini, sudah ada 3 lokasi yaitu Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 519B Solo Ngawi, TIP KM57A Jakarta-Cikampek, TIP KM72A dan TIP KM 88A Cipularang. Tapi, jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah.

Mekanisme Pelaksanaan

Screening awal pengunjung dilakukan secara acak dengan sistem drive thru. Setelah selesai, kendaraan akan diberikan tanda pengenal khusus.

Jika hasil rapid test antigen dinyatakan negatif, maka pemudik bisa melanjutkan perjalanannya. Jika positif, maka diminta keluar melalui gerbang tol terdekat. Petugas akan mendata kendaraan agar tidak kembali masuk ke jalan tol.

Penyediaan Posko

Posko disediakan oleh Jasa Marga dan operator dari Dinas Kesehatan dan Polisi setempat. Lalu, posko ini juga akan melibatkan Satgas Covid-19 hingga Satpol PP setempat.

Selama Larangan Mudik

Tes acak ini akan dilakukan selama periode larangan mudik, 6 sampai 17 Mei 2021. Sosialisasi juga akan dilakukan Jasa Marga di berbagai media yang tersedia.

Baca: Larangan Mudik 2021, Tol Jakarta - Cikampek Km 31 Disekat 6 Mei Tengah Malam


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT