Pendiri Microsoft Bill Gates dan Melinda Bercerai, Ini Aset yang Mereka Miliki
TEMPO.CO | 04/05/2021 13:39
Miliarder Bill Gates memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Melinda Gates setelah mengarungi rumah tangga selama 27 tahun. Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perpisahan itu via akun Twitter mereka. REUTERS/Anthony Bolante/File Photo
Miliarder Bill Gates memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Melinda Gates setelah mengarungi rumah tangga selama 27 tahun. Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perpisahan itu via akun Twitter mereka. REUTERS/Anthony Bolante/File Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah menikah selama 27 tahun, pasangan Bill Gates dan Melinda French Gates memutuskan untuk bercerai. Keduanya merasa hubungan mereka tidak bisa dilanjutkan lagi walaupun mereka memastikan organisasi filantropi Bill and Melinda Gates Foundation akan tetap berjalan normal. Khusus hal itu, Bill Gates dan Melinda menyatakan mereka memiliki kesepahaman yang mutual.

"Kami akan tetap bekerjasama untuk menjalankan organisasi tersebut, namun kami tidak lagi percaya bahwa kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan hidup," ujar keduanya menegaskan, dikutip dari kantor berita Reuters, Selasa, 4 Mei 2021.

Salah satu unsur yang disorot dari perceraian keduanya, selain kelanjutan Bill and Melinda Gates Foundation, adalah soal pembagian harta. Nyaris tiga dekade menikah, Bill Gates dan Melinda memiliki aset dan kekayaaan melimpah. Sebagian di antaranya digunakan untuk menyokong kegiatan organisasi mereka.

Berikut beberapa keterangan soal kekayaan Bill Gates dan Melinda yang dikumpulkan Tempo dari berbagai sumber:

1. Bill Gates
Saat ini, Bill Gates menduduki posisi orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan US$130,5 miliar. Ia berada di bawah Jeff Bezos selaku pendiri Amazon, Elon Musk selaku CEO Tesla, dan Bernard Arnault selaku CEO dari Louis Vuitton.

Bill Gates dan Melinda yang telah menjalani pernikahan selama 27 tahun telah dikaruniai tiga orang anak. Sebelum menutuskan bercera Bill Gates dan Melindai muncul secara virtual di sebuah acara untuk petugas kesehatan yang memerangi pandemi. REUTERS/Brian Snyder/File Photo


2. Bill & Melinda Gates Foundation
Bill Gates dan Melinda French mendirikan organisasi amal di tahun 2000, enam tahun setelah menikah. Dengan sokongan kekayaan yang dimiliki Bill Gates, organisasi tersebut menjadi salah satu organisasi filantropi berpengaruh di dunia dengan fokus kesehatan publik, pendidikan, dan perubahan iklim.

Menurut laporan Reuters, Bill & Melinda Gates Foundation sudah menghabiskan kurang lebih US$53,8 miliar selama beroperasi. Dana tersebut berasal dari kocek Bill dan Melinda sendiri ditambah dengan sumbangan dari berbagai taipan. Salah satu penyumbang terbesar organisasi adalah Warren Buffett yang mendonasikan total US$29 miliar sejak 2006.

Di tahun 2019, mereka tercatat memiliki aset dengan nilai bersih US$43,3 miliar. Dan, salah satu sumbangan terbesar mereka akhir-akhir ini adalah US$1,75 miliar untuk inisiatif riset vaksin COVID-19 serta diagnosis.

3. Harta Bersama
Menurut lembaga assessor King County Department of Assessments, Bill dan Melinda Gates memiliki harta bersama sebuah mansion dengan nilai US$130,8 juta. Mansion yang didesain khusus itu berada di Lake Washington, berdiri di antara Seattle dan Redmond yang juga lokasi markas Microsoft.

Hingga berita ini ditulis, apa saja harta bersama yang akan dipisah belum diketahui. Apabila pemisahan mengacu pada hukum Community Property yang berlaku di tempat tinggal Bill dan Melinda, maka harta harus dibagi secara equal. Namun, Bill Gates dan Melinda berhak mengatur agar aset-aset tertentu spesifik dimiliki salah satu dari mereka.

Baca juga: Pendiri Microsoft Bill Gates Berpisah Dengan Melinda Usai 27 Tahun Menikah

ISTMAN MP | REUTERS





REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT