Pernah Jadi Wali Kota, FX Hadi Rudyatmo Mengaku Tak Malu Jadi Tukang Las
TEMPO.CO | 20/02/2021 20:24
Mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo (kanan) membantu pekerja mengelas besi di bengkel las miliknya Pucang Sawit, Solo, Jawa Tengah, Jumat 19 Februari 2021. Usai purna tugas dari jabatan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menjalani kegiatan sebagai masya
Mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo (kanan) membantu pekerja mengelas besi di bengkel las miliknya Pucang Sawit, Solo, Jawa Tengah, Jumat 19 Februari 2021. Usai purna tugas dari jabatan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menjalani kegiatan sebagai masyarakat biasa mengisi waktu dengan membantu mengelas di bengkel las miliknya dan berolahraga. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

TEMPO.CO, Solo - FX Hadi Rudyatmo baru tiga hari lengser dari jabatannya sebagai Wali Kota Surakarta. Kini dia kembali ke aktivitas sebelum menjadi pejabat, mengurusi bengkel las.

Bengkel bernama Mitra Tama itu didirikan 25 tahun silam. "Bekerja sama dengan salah satu teman," kata Rudyatmo, Sabtu 20 Februari 2021. Sejak menjadi pejabat, dia sudah tidak lagi ikut mengurusi bisnis itu.

Mengelas memang menjadi keahlian Rudyatmo yang merupakan lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) itu. Kemampuan itu semakin berkembang saat dia bekerja di sebuah perusahaan farmasi dan makanan yang cukup terkenal, PT Konimex.

Baca: Purnatugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo Kembali Jadi Tukang Las

"Di PT Konimex itu saya bekerja di bagian teknisi," katanya. Selama bekerja di perusahaan itu, dia menjadi terampil mengoperasikan las hingga mesin bubut. "Sehingga sekarang tidak canggung lagi memegang alat-alat bengkel," katanya.

Meski sudah belasan tahun menjabat sebagai wakil wali kota dan wali kota, Rudyatmo mengaku tidak malu menekuni usaha tersebut. "Tidak perlu malu, yang penting mencari uang halal," ujar Rudyatmo.

Dia yakin penghasilan dari usahanya itu mampu mencukupi kebutuhannya seusai lengser sebagai pejabat. Dia mengaku pesanan di bengkelnya cukup banyak, mulai membuat teralis besi hingga membuat mesin-mesin untuk industri kecil.

Meski pernah memimpin pemerintahan sebagai Wali Kota Solo, Rudyatmo mengaku tidak akan mencari order di proyek pemerintah. Sebenarnya, dia yakin bisa ikut lelang tender secara prosedural. "Tapi pesanan dari luar saja sudah demikian banyak, saya kira tidak perlu ikut tender pemerintah," katanya.

FX Hadi Rudyatmo lengser dari kursi wali kota pada 17 Februari lalu. Dia pertama kali menjabat sebagai wakil wali kota pada 2005 silam, mendampingi Joko Widodo atau Jokowi yang saat itu menjabat sebagai wali kota.

Saat Jokowi menang dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2012 silam, FX Hadi Rudyatmo akhirnya menggantikan kedudukan sebagai wali kota. Lantas pada 2015 Rudyatmo kembali mencalonkan diri sebagai wali kota dan berhasil terpilih.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT