Purnatugas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo Kembali Jadi Tukang Las
TEMPO.CO | 20/02/2021 14:50
Mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo mengelas besi di bengkel las miliknya Pucang Sawit, Solo, Jawa Tengah, Jumat 19 Februari 2021. Usai purna tugas dari jabatan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menjalani kegiatan sebagai masyarakat biasa mengisi waktu
Mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo mengelas besi di bengkel las miliknya Pucang Sawit, Solo, Jawa Tengah, Jumat 19 Februari 2021. Usai purna tugas dari jabatan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo menjalani kegiatan sebagai masyarakat biasa mengisi waktu dengan membantu mengelas di bengkel las miliknya dan berolahraga. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

TEMPO.CO, Jakarta - FX Hadi Rudyatmo kembali menekuni pekerjaan lamanya menjadi tukang las seusai purnatugas menjadi Wali Kota Solo. Aktivitas ini dipamerkan Rudy lewat akun Instagramnya, fx.rudyatmo. Menurut Rudy, banyak yang menanyakan apa kegiatannya setelah tidak lagi menjadi wali kota.

"Lha niki kulo jawab, salah satu kesibukane yaiku mbaleni gawean lawas dados tukang las," tulis Rudyatmo, Sabtu, 20 Februari 2021. Kalimat itu berarti "Lha ini saya jawab, salah satu kesibukan yaitu kembali melakoni pekerjaan lama menjadi tukang las".

Rudy mengatakan pekerjaan tukang las mungkin terlihat remeh, tetapi tidak bagi dirinya. Menurut Rudy, menjadi tukang las bukan pekerjaan asal-asalan. Ia menganggap seorang tukang las seperti seniman.

"Seorang tukang las sudah layaknya disebut sebagai seorang seniman untuk menghasilkan hasl lasan yang rajin dan rapi," tulis politikus PDIP ini.

Selain itu, imbuh Rudy, secara filosofi tukang las adalah pekerjaan mulia. Sebab, apa yang dikerjakan merekatkan sesuatu yang awalnya terpisah, kemudian disatukan menjadi bagian yang kokoh dan indah.

"Sinten sing ten mriki nate dadi tukang las? Ampun isin, kerjo sing tekun, sing rajin, sopo ngerti iso dadi wali kota (Siapa di sini yang pernah menjadi tukang las? Jangan malu, kerja yang tekun, yang rajin, siapa tahu bisa menjadi wali kota)," pungkas Rudy seraya menambahkan emoji tertawa.

Rudy mengunggah sebuah video dirinya mengoperasikan alat las dan palu. Ada juga foto Rudy berpose sembari tersenyum di ruangan yang tampak berisi banyak peralatan pertukangan.

FX Hadi Rudyatmo mengakhiri tugasnya sebagai Wali Kota Solo pada Februari ini. Ia akan digantikan oleh Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT