Tangani Kasus UU ITE, Kapolri Listyo Sigit: Polisi di Posisi Serba Salah
TEMPO.CO | 19/02/2021 04:05
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta, Sabtu, 30 Januari 2021. Kunjungan Kapolri ke DPP
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kiri) bersama Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta, Sabtu, 30 Januari 2021. Kunjungan Kapolri ke DPP Rabithah Alawiyah itu untuk bersilaturahim dengan ormas-ormas Islam besar dan ulama di Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

TEMPO.CO, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyatakan polisi berada dalam posisi serba salah dalam kasus UU ITE Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. "Serba salah itu polisi sering dianggap berpihak pada pelapor," kata Kapolri Listyo Sigit dalam Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang disiarkan virtual, Kamis 18 Februari 2021.

Di sisi lain, Kapolri Listyo mengamati masih banyak pengguna dunia maya yang tidak berhati-hati. Hal itu merupakan dampak polarisasi pemilu yang belum selesai.

Polarisasi itu, menurut dia, salah satu sumber masalah yang harus diselesaikan. Dia mengatakan akan segera menindaklanjuti dan membuat petunjuk arah tentang bagaimana menerapkan UU ITE dengan baik.

"Hoaks dan kritik beda-beda tipis. Pencemaran nama baik sama kritik beda-beda tipis. Ini berpotensi membuat kondisi bangsa jadi terpecah belah," kata Kapolri.

Ke depan, salah satu perubahan yang akan dilakukan oleh kepolisian ialah meminta pelapor UU ITE adalah korban langsung.

"Ke depan yang sifatnya pengaduan kami minta pelapor adalah korbannya langsung. Sehingga tidak perlu-lah diwakil-wakilin lagi," kata Listyo 

Ia menilai jika pelapor kasus UU ITE bisa diwakili maka akan membuat keramaian bahkan situasi makin memanas terus. "Kita sekarang lagi gak butuh itu. Kita lagi butuh bersatu, yang kita hadapi masalah serius (Covid-19)," ujar Kapolri Listyo Sigit.

Baca juga: KontraS Duga Anak Buah Jokowi Tak Menangkap Pesan soal Revisi UU ITE 

HENDARTYO HANGGI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT