Rizieq Shihab Ditempatkan dalam Satu Sel Bersama Eks Petinggi FPI
TEMPO.CO | 18/02/2021 18:25
Kuasa hukum Front Pembela Islam Aziz Yanuar disela pemeriksaan Ketua FPI Ahmad Shabri Lubis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 14 Desember 2020. Tempo/Hendartyo Hanggi
Kuasa hukum Front Pembela Islam Aziz Yanuar disela pemeriksaan Ketua FPI Ahmad Shabri Lubis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 14 Desember 2020. Tempo/Hendartyo Hanggi

TEMPO.CO, Bogor – Rizieq Shihab berada satu sel dengan menantu dan mantan Ketua Umum Front Pembela Islam Ahmad Shabri Lubis di Rutan Narkoba Bareskrim Polri. Kuasa hukum para bekas petinggi FPI itu Aziz Yanuar mengatakan, Rizieq, Hanif Alatas, dan Shabri Lubis kini berada dalam satu sel berukuran 3x6 meter.

 “Ketiga tokoh itu ditempatkan dalam sel yang sama di blok narkoba Mabes,” kata Aziz kepada Tempo, Kamis 18 Februari 2021.

Aziz mengatakan, tidak ada fasilitas pendingin udara atau AC, kipas angin serta aula olahraga di sel mereka. Aziz juga menyebut sel itu tidak ada cahaya matahir karena berada di rubanah (lantai basement) Gedung Mabes Polri. Untuk kamar mandi dan toilet ada dalam sel tersebut.

Baca juga: Eks Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis Ditahan Kejaksaan dalam Kasus Kerumunan

“Air dan penerangan sangat bagus, hanya saja ada dua CCTV di dalam sel. Kami pikir itu sangat mengganggu privasi dan melanggar HAM,” kata Aziz.

Meski dengan kondisi dan fasilitas terbatas, Aziz menyebut kliennya selama menempati sel tersebut tetap melakukan dakwah. Aziz menyebut kegiatan dakwah yang dilakukan oleh para kliennya itu, diikuti oleh warga binaan lainnya yang sama-sama ditahan di ruang tahanan Mabes Polri. “Mereka warga binaan sangat antusias ikut mengaji dan mendengarkan dakwah, khususnya dari imam besar Habib Rizieq,” kata Aziz.

Aziz mengatakan kondisi kliennya, Rizieq Shihab, Hanif dan Ahmad Shabri Lubis dalam keadaan baik dan sehat wal afiat meski menempati sel yang memiliki banyak kekurangan itu. Aziz juga menyebut, para petugas dan penjaga rumah tahanan Mabes Polri sangat baik dalam memperlakukan kliennya itu. “Petugasnya kooperatif dan sangat baik memperlakukan klien kami di dalam,” ujar Aziz.

M.A MURTADHO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT