Target Pemkot Jakarta Pusat: 100 Persen Bebas Kasus Covid-19 pada Maret 2021
TEMPO.CO | 18/02/2021 16:45
Ilustrasi swab test atau tes usap Covid-19. REUTERS
Ilustrasi swab test atau tes usap Covid-19. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Pusat punya target optimistis soal kasus Covid-19 di wilayahnya. Target tersebut adalah Jakarta Pusat 100 persen menjadi zona hijau atau terbebas dari kasus Covid-19 di delapan kecamatan wilayahnya pada Maret 2021.

"Insya Allah bulan depan Jakarta Pusat bisa zona hijau seluruhnya" kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi usai acara pengukuhan 12.000 relawan Covidsa-19 tingkat RT bersama jajaran Forkompimda di kawasan JIExpo Kemayoran, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Irwandi, berdasarkan data yang dimiliki Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat saat ini, zona hijau untuk kasus Covid-19 di wilayahnya sudah terealisasi 83,06 persen sementara untuk sisanya masuk ke dalam zona kuning.

Berkaca dari temuan itu, Pemkot Jakarta Pusat optimistis untuk mengupayakan zona hijau kasus Covid-19 di Jakarta Pusat dapat terealisasi pada Maret 2021.

"Dalam waktu dekat, zona hijaunya naik dari 83,06 persen jadi 90 persen. Jadi target kami dari unsur tiga pilar (Pemerintah Kota Jakarta Pusat, TNI dan Polri), target kami bulan depan semua sudah zona hijau," ujar Irwandi.

Ia mengharapkan upaya yang saat ini tengah dikerjakan oleh tiga pilar dengan menghidupkan kembali fungsi relawan Covid-19 di tingkat RT, pemantauan Satgas Covid-19 di tingkat RW dan pengawasan oleh polisi RW, hingga sidak yang rutin dilakukan oleh tiga pilar di tingkat kota bisa didukung oleh kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan.

"Kami terus berusaha menekan penularan. Masyarakat juga kami minta dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mikro ini disiplin. Kalau tidak disiplin nanti balik lagi (ke zona kuning)," ujar Irwandi.

Secara keseluruhan di wilayah DKI Jakarta, kasus Covid-19 mulai menunjukkan trend penurunan. Kemarin tercatat ada 1.445 kasus Covid-19 di DKI Jakarta.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT