Wagub DKI Riza Patria Pantau Proses Vaksinasi di Puskesmas Setiabudi
TEMPO.CO | 17/02/2021 16:38
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa, 26 Januari 2021. Tempo/Adam Prireza
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa, 26 Januari 2021. Tempo/Adam Prireza

TEMPO.CO, Jakarta - Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memantau kesiapan fasilitas kesehatan untuk vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Kunjungan Wagub DKI itu didampingi istrinya, Elisa Sumarlin, Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti, dan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan M. Helmi. 

Riza Patria mengatakan, proses vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Setiabudi berlangsung dengan baik. “Pelaksanaan sesuai dengan protokol kesehatan. Jadi alhamdulillah ini satu gambaran. Kami keliling di beberapa tempat memberikan dukungan motivasi dan dialog bagaimana mencari solusi atas hambatan yang ada,” kata Riza kepada wartawan, Rabu, 17 Februari 2021.

Dalam kunjungan itu, Riza Patria juga ingin mengecek penerapan protokol kesehatan di fasilitas milik Pemprov DKI Jakarta. Alasannya, kata dia, 50 persen penularan Covid-19 terjadi di fasilitas kesehatan.

Tenaga kesehatan, seperti dokter, bidan, dan perawat yang memberikan pelayanan kesehatan merupakan barisan pertama yang berpotensi terpapar Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut Wagub DKI juga menyerahkan bantuan berupa masker untuk tenaga kesehatan di puskesmas tersebut. Masker itu, bisa juga disalurkan ke masyarakat sekitar melalui petugas puskesmas. “Tidak penting berapa banyaknya, berapa nilainya, tapi jauh lebih penting kepedulian dan dukungan kita,” tutur Riza.

Baca juga: Denda Tolak Vaksin Covid-19 Rp 5 Juta, Wagub DKI: Jangan Lihat Besarannya

Sebelumnya Wagub DKI Riza Patria mengatakan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan di Ibu Kota mencapai 100.115 orang atau 89,2 persen. Adapun target tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama sebanyak 131 ribu orang. Sedangkan proses vaksinasi tahap kedua tenaga kesehatan telah mencapai 50.692 orang atau 45,1 persen dari jumlah yang teregister sebanyak 112.301 orang per 13 Februari kemarin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT