Terpopuler Bisnis: Pesan Ahok ke Pahala Mansury, Kwik Kian Gie Kritik soal Utang
TEMPO.CO | 07/02/2021 06:58
Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019. Kehadiran Ahok di Kementerian BUMN untuk menerima surat keputusan (SK) menjadi Komisaris Utama PT Pertamina
Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019. Kehadiran Ahok di Kementerian BUMN untuk menerima surat keputusan (SK) menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Sabtu, 6 Februari 2021, dimulai dari pesan khusus Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke Pahala Mansury yang kembali bergabung ke perusahaan pelat merah tersebut.

Selain itu ada pula soal Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang menyebutkan penyebab banjir besar yang melanda Semarang adalah curah hujan ekstrem. Lalu tentang adu argumen Kwik Kian Gie dengan stafsus Sri Mulyani Indrawati tentang bunga utang.

Berita terpopuler lainnya adalah permintaan Ganjar Pranowo agar warga tetap menjalankan protokol kesehatan ketat usai Gerakan Jateng di Rumah Saja. Ada juga tentang ibu kota baru dan food estate yang masuk dalam 10 proyek utama pemerintah tahun 2022. Yang terakhir adalah soal ucapan duka cita atas wafatnya Firmanzah dari SBY hingga Anindya Bakrie.  

Keenam topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya enam berita bisnis yang trending tersebut:

1. Pesan Ahok ke Pahala Mansury yang Kembali Bergabung ke Pertamina

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok punya pesan khusus ke Pahala Mansury yang bergabung kembali ke perusahaan pelat merah tersebut sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah mengenal sosok Pahala Mansury dengan baik dan memiliki profesionalitas yang tinggi. Ahok memiliki berharap Pahala nantinya bisa mendorong Pertamina memasuki masa transisi energi.

Baca selengkapnya mengenai Pahala Mansury di sini.

2. Semarang Banjir, Menteri PUPR: karena Curah Hujan Ekstrem Tiap 50 Tahun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan banjir yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, karena curah hujan yang ekstrem. Selain itu, banjir disebabkan oleh pasang air laut yang cukup tinggi.

 

Oleh karena itu, menurut Basuki, peran pompa air dalam menangani banjir di ibu kota provinsi Jawa Tengah itu sangat penting. Ia juga meminta agar revitalisasi aliran sungai-sungai di Semarang terus dilakukan.

Khusus banjir yang melanda kawasan Kota Lama Semarang, kata Basuki, akibat curah hujan tinggi yang sudah masuk dalam kategori ekstrem.

"Dari hitungan hidrologi, periode ulangnya setiap 50 tahun," katanya di sela pengecekan ke Kawasan Kota Lama dan sejumlah lokasi banjir di Kota Semarang, Sabtu, 6 Februari 2021.

Baca selengkapnya mengenai Banjir di sini.

3. Kwik Kian Gie Adu Argumen dengan Stafsus Sri Mulyani Soal Bunga Utang

Ekonom senior yang juga mantan Menko Perekonomian Kwik Kian Gie beradu data dan argumen soal utang Indonesia dengan Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo melalui media sosial Twitter. 

Awalnya, Kwik Kain Gie menulis dalam akun twitter-nya @kiangiekwik. Ia menyebutkan utang besar yang jatuh tempo tidak masalah karena bisa dibayar dengan utang baru. Tapi ia juga menyoroti obligasi pemerintah Indonesia saat ini laris manis karena pemerintah yang berani bayar bunga tinggi.

"Yang bayar bunga yang membengkak terus kan kaum milenial, yang pandai membuat unicorn? perhatikan kalau talk show kan pinter-pinter," kata Kwik Kian Gie pada Kamis, 4 Februari 2021.

Baca selengkapnya mengenai Kwik Kian Gie di sini.

4. Ibu Kota Baru dan Food Estate Masuk 10 Proyek Utama Pemerintah di 2022

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) baru saja menggelar pertemuan dengan para gubernur untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022. Dari 10 major project atau proyek utama yang akan digarap pemerintah itu, Bappenas menyebutkan pembangunan ibu kota baru dan food estate termasuk di antaranya.

"Proyek pembangunan ini harus sesuai dengan tema pembangunan, holistik dengan melibatkan sinergi kementerian dan pemerintah daerah," kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 5 Februari 2021.

Adapun 10 proyek utama tersebut yaitu transformasi digital, peningkatan peran UMKM, kawasan industri dan 31 smelter, pengembangan 10 destinasi wisata, dan food estate,
Kemudian, energi terbarukan, proyek utama di wilayah Papua, jaringan pelabuhan utama terpadu, sistem kesehatan nasional, dan ibu kota negara.

Baca selengkapnya mengenai Ibu Kota Baru di sini.

5. Gerakan Jateng di Rumah Saja, Ganjar: Bukan Berarti Senin Lusa Bebas-bebasan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai pelaksanaan Gerakan Jateng di Rumah Saja pada hari pertama telah berjalan baik. Hal ini didasarkan pada laporan yang disampaikan sejumlah pemerintah kabupaten dan kota kepadanya.

"Alhamdulillah berjalan bagus, tadi beberapa bupati/wali kota sudah kasih laporan," ujar Ganjar, di Semarang, Sabtu, 6 Februari 2021.

Ia pun berharap dukungan masyarakat untuk tetap di rumah saja bisa dilanjutkan pada hari kedua pelaksanaan atau Ahad, 7 Februari 2021. Ganjar meminta masyarakat mau menahan diri sehari lagi agar tujuan Gerakan Jateng di Rumah Saja bisa berjalan sukses.

"Tapi tidak berarti Senin lusa kita bebas-bebasan, tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Nanti akan kami cek, apakah gerakan ini berpengaruh positif atau tidak. Memang 'ngeceknya' agak lama, kita hitung dua minggu setelah ini dan semoga ini bisa mengurangi. Sambil, kami menyiapkan vaksinasinya," katanya.

Baca selengkapnya mengenai Gerakan Jateng di Rumah Saja di sini.

6. Rektor Paramadina Firmanzah Wafat, SBY hingga Anindya Bakrie Sampaikan Duka Cita

Rektor Universitas Paramadina Firmanzah menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu subuh, 6 Februari 2021. Kabar ini secara resmi turut disampaikan oleh pihak kampus dalam laman resminya.

"Mohon doa agar almarhum husnul khotimah, diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal ibadahnya. Amin YRA," demikian tertulis dalam berita duka di laman resmi paramadina.ac.id di hari yang sama.

Atas wafatnya Fiz, sapaan Firmanzah, sejumlah pihak pun menyampaikan ucapan belasungkawa. Salah satunya dari Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie. "Mohon doanya semoga almarhum husnul khotimah," tulis Anindya lewat akun instagramnya @anindyabakrie.

Baca selengkapnya mengenai Firmanzah di sini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT