Tempo Terpilih Ikut Program Membership in News Fund
TEMPO.CO | 06/02/2021 05:46
Ilustrasi TEMPO Media Grup
Ilustrasi TEMPO Media Grup

TEMPO.CO, JakartaTempo terpilih menjadi salah satu media yang masuk dalam program Membership ini News Fund dari The Memberhip Puzzle Project. Program tersebut digulirkan untuk membantu kantor berita membangun hubungan yang kuat dan fleksibel dengan audiens mereka, serta dapat mendorong keberlanjutan dan dampak yang lebih besar.

"Program membership atau keanggotaan adalah langkah berikutnya dari rencana Tempo dalam optimalisasi Reader's Revenue atau pemasukan dari pembaca," ujar Direktur Konten PT Info Media Digital Wahyu Dhyatmika, Jumat, 5 Februari 2021.

News Fund adalah dana global untuk mengkatalisasi desain keanggotaan di redaksi berita di seluruh dunia. Adapun dana hibah yang akan diberikan kepada seluruh media yang terpilih total adalah US$ 400 ribu.

Dana tersebut didukung oleh Luminate dan dilaksanakan dalam kemitraan dengan Media Development Investment Fund. Selain menerima pendanaan, penerima hibah juga bakal mendapat pembinaan, akses kepada para pakar terkait keanggotaan, serta peluang untuk berhabung ke komunitas global.

Wahyu mengatakan program ini adalah penguatan dari upaya Tempo mendorong pendapatan dari pelanggan digital yang sekarang menunjukkan lompatan signifikan. Pembaca Tempo yang ingin berinteraksi lebih intensif dengan redaksi dan memperoleh layanan eksklusif dan terpersonalisasi, tutur dia, bakal ditawari menjadi bagian dari program membership Tempo.

"Dengan terpilih sebagai bagian dari Program Membership in News Fund dari The Membership Puzzle Project yang didanai Media Development Investment Fund (MDIF), Tempo mendapat akses dukungan pelatihan dan mentor berpengalaman," ujar Wahyu.

Tempo menjadi satu dari 16 redaksi berita yang dipilih dalam program tersebut. Adapun pendaftar untuk program ini pada 2021 mencapai 219 pelamar dari 25 negara. Dinukil dari laman resmi membershippuzzle.org, redaksi terpilih dinilai memiliki hubungan yang kuat dengan para audiensnya.

Selain itu, mereka dinilai sangat antusias untuk melibatkan anggota atau audiensnya lebih dari sekadar sumber pendapatan. Selain itu, media-media tersebut juga dinilai memiliki sejumlah catatan inovasi dan eksperimen yang didasari rasa ingin tahu tentang komunitas yang dilayani. Adapun program yang diikuti Tempo ini akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2021.

Baca: Terpilih Ikut Global Health Fellowship, Tempo Ajak Ahli Kesehatan Perangi Hoaks


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT