Dokter yang Merawat Alexei Navalny Wafat
TEMPO.CO | 05/02/2021 14:53
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat mendengarkan pengumuman putusan pengadilan di Moskow, Rusia pada 2 Februari 2021. Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman mendesak Rusia segera membebaskan Navalny. Press Service of Simonovsky District Court/Handout
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat mendengarkan pengumuman putusan pengadilan di Moskow, Rusia pada 2 Februari 2021. Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman mendesak Rusia segera membebaskan Navalny. Press Service of Simonovsky District Court/Handout via REUTERS

TEMPO.CO, - Wakil Kepala Dokter di Rumah Sakit Omsk, Sergey Maximishin, meninggal dunia. Ia adalah dokter yang merawat oposisi pemerintah Rusia, Alexei Navalny, saat mengalami keracunan.

 

"Dengan menyesal, kami memberi tahu anda bahwa wakil kepala dokter untuk anestesiologi dan resusitasi di rumah sakit darurat, asisten departemen Universitas Kedokteran Negeri Omsk, PhD ilmu kedokteran Maksimishin Sergey Valentinovich tiba-tiba meninggal dunia," bunyi pernyataan rumah sakit tersebut dikutip dari CNN, Jumat, 5 Februari 2021.

 

Kepala staf Navalny, Leonid Volkov, membenarkan bahwa Maximishin bertanggung jawab merawat pemimpin oposisi. Sebabnya ia tidak bisa mengabaikan kemungkinan ada hal lain yang menyebabkan kematiannya.

 

"Maximishin tahu lebih dari siapa pun tentang kondisi Alexei, jadi saya tidak bisa mengabaikan kemungkinan permainan curang," tambahnya.

 

"Sistem perawatan kesehatan Rusia sangat buruk dan tidak jarang dokter seusianya tiba-tiba meninggal. Saya ragu akan ada penyelidikan atas kematiannya," lanjut Volkov.

 

Baca juga: Negara Barat Kecam Vonis Tiga Tahun Alexei Navalny, Ini Respon Rusia

 

CNN sedang meminta komentar tambahan dari otoritas kesehatan setempat tentang penyebab kematian Maximishin. Kematian pekerja medis garis depan Rusia, termasuk pelapor, menjadi topik politik di negara itu di tengah pandemi Covid-19. CNN tidak memiliki bukti bahwa ada kecurangan yang terlibat dalam kematian Maximishin.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny, dirawat di rumah sakit darurat Omsk pada 20 Agustus, setelah jatuh sakit dan keracunan karena terpapar Novichok di pesawat yang menuju dari Siberia ke Moskow. Pesawat melakukan pendaratan darurat di Omsk.

 

Navalny mengalami koma yang diinduksi secara medis dan akhirnya dievakuasi ke ibu kota Jerman, Berlin, di mana dia menghabiskan lima bulan untuk pulih dari keracunan. Setelah kembali ke Rusia, dia dikirim ke penjara minggu ini karena melanggar ketentuan masa percobaan dari hukuman sebelumnya. Putusan itu memicu kecaman cepat di luar negeri, termasuk AS.

 

Alexei Navalny menuduh keracunan yang ia alami dilakukan oleh dinas keamanan Rusia dan Presiden Vladimir Putin.

 

CNN

https://edition.cnn.com/2021/02/04/europe/russia-navalny-doctor-maximishin-dies-intl/index.html


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT