Korea Selatan Izinkan Pendatang Ilegal Ikut Tes Covid-19
TEMPO.CO | 29/01/2021 11:10
Seseorang menjalani tes virus corona (COVID-19) di lokasi pengujian virus corona yang didirikan di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, 15 Desember 2020.[REUTERS / Kim Hong-Ji]
Seseorang menjalani tes virus corona (COVID-19) di lokasi pengujian virus corona yang didirikan di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, 15 Desember 2020.[REUTERS / Kim Hong-Ji]

TEMPO.CO, - Kementerian Kehakiman Korea Selatan mengizinkan semua pendatang ilegal melakukan tes Covid-19 secara gratis tanpa mengungkapkan identitas mereka.

 

Kementerian mengatakan orang asing yang tidak berdokumen, termasuk mereka yang melebihi masa berlaku visa mereka, dapat mengambil tes Covid-19 gratis di salah satu pusat pengujian sementara yang dijalankan oleh pemerintah daerah di seluruh negeri. Mereka cukup memberikan nomor ponsel tanpa perlu menginformasikan identitasnya.

 

"Semua warga negara asing tidak akan menjalani pemeriksaan visa sebelum tes virus corona dan identitas mereka tidak akan diberikan kepada otoritas imigrasi sebelum dan sesudah tes," bunyi keterangan resmi kementerian dikutip dari Yonhap, Jumat, 29 Januari 2021.

 

Baca juga: Korea Selatan Waswas Kluster Baru Covid-19 di Sekolah Agama

 

Selain itu, pemerintah akan menangguhkan sementara tindakan keras terhadap pengunjung ilegal.

 

Kementerian menjelaskan bahwa langkah terbaru ini diambil untuk membantu meminimalkan celah dalam perjuangan Korea Selatan melawan pandemi Covid-19.

 

Menurut data pemerintah, jumlah orang asing yang tinggal secara ilegal di Korea Selatan diperkirakan telah meningkat menjadi sekitar 400 ribu. Salah satu penyebabnya karena ada pembatasan perjalanan terkait Covid-19.

 

YONHAP

https://m-en.yna.co.kr/view/AEN20210128014500315?section=national/national

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT