Sandiaga Minta PNS Baru Kemenparekraf Kerja Gercep dan Gaspol
TEMPO.CO | 27/01/2021 16:47
Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bersama wakil Menparekraf, Angela Tanoesoedjo, seusai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis, 21 Januari 2021. A
Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bersama wakil Menparekraf, Angela Tanoesoedjo, seusai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK, di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis, 21 Januari 2021. Audiensi terkait rencana kerja sama pengelolaan anggaran serta penggunaan tepat sasaran. TEMPO/ Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengangkat sebanyak 281 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kemenparekraf. Pengambilan sumpah PNS Kemenparekraf dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Parekraf pada Rabu, 27 Januari 2021.

Kepada mereka, Sandiaga meminta agar para PNS dapat mengkombinasikan pola GerCep (Gerak Cepat), GeBer (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja) dengan Etos Kerja 4 As, yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas dalam percepatan pemulihan parekraf nasional. 

"Di Pundak Bapak-ibu diletakkan harapan kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam Kerja Bapak-ibu dititipkan nasib lebih dari 34 juta orang yang menggantungkan hidup di sektor Parekraf yang kita perjuangkan bersama ini," ungkap Sandiaga dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 Januari 2021.

Sandiaga mengingatkan pandemi covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, seluruh jajaran Kemenparekraf harus menerapkan tiga strategi, yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Inovasi dipaparkannya meliputi penerapan teknologi informasi dengan pendekatan kekinian. Strategi inovasi katanya perlu dilakukan untuk memetakan potensi bisnis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dengan inovasi, pelaku usaha bukan cuma bisa bertahan, tapi juga menangkap peluang bisnis," ujar Sandiaga

Selanjutnya, strategi adaptasi disampaikan Sandi harus diterapkan pada setiap lini pariwisata dan ekonomi kreatif. Lewat penerapan protokol kesehatan ketat, khususnya CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment sustainability), keselamatan dan kenyamanan wisatawan dinilainya menjadi hal utama.

"Terakhir adalah Kolaborasi, bekerja sama dengan berbagai pihak, dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Bersamaan dengan hal tersebut, Sandiaga juga meminta kepada para PNS Kemenparekraf baru untuk sentiasa berdoa kepada Tuhan agar wabah pandemi covid-19 segera teratasi. Sehingga aktivitas akan kembali normal dan perekonomian bangsa, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali bangkit.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat bertugas kepada para pejabat yang dilantik hari ini," ujar Sandiaga.

Baca: Batam Gelar Lomba Golf, Sandiaga Harap Seiring dengan Vaksin Tahap 1 Rampung

CAESAR AKBAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT