Kasus Covid-19 Tembus Satu Juta, Menkes: Perlu Peran Masyarakat Kurangi Laju
TEMPO.CO | 26/01/2021 18:54
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, melonjaknya angka kasus Covid-19 tentu membuat pemerintah harus bekerja ekstra keras ke depannya. Per hari ini, total kasus Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka satu juta.

Budi mengajak seluruh masyarakat meningkatkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan guna membantu pemerintah memutus mata rantai penularan kasus.

"Angka satu juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah, bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi ini lebih keras lagi. Kita teruskan kerja keras kita," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Selasa, 26 Januari 2021.

Budi mengatakan, seluruh ahli epidemiologi mengatakan bahwa untuk mengatasi pandemi ini, hal utama yang harus dilakukan adalah mengurangi laju penularan virus corona. "Istilah kerennya, kita harus flatten the curve, kita harus mengurangi laju virusnya," ujar Budi.

Baca: Hari Ini, Total Kasus Covid-19 Indonesia Sudah Menembus Satu Juta

Dengan begitu, lanjutnya, akan mengurangi beban fasilitas kesehatan sehingga pemerintah bisa secara gradual terus mengurangi laju penularan virus Corona sampai menghilangkannya sama sekali.

"Untuk itu, ada dua hal yang kita harus kerja keras, sangat keras, ekstra keras bersama-sama. Pertama, kita harus sangat disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kedua, kita harus bekerja keras bersama-sama berkoordinasi melakukan testing, tracing, dan treatment (3T)," ujarnya.

Untuk 3T menjadi tanggungjawab Kementerian Kesehatan . "Di sini kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras untuk memastikan bahwa program testing, tracing, dan isolasi mandiri bisa kita lakukan dan kita eksekusi dengan baik," tuturnya.

Program 3M dan 3T ini terkait Covid-19 selalu diulang-ulang pemerintah untuk tidak dianggap sepele oleh seluruh elemen masyarakat. Dua hal ini menjadi kunci mengurangi laju kasus penularan virus Corona. "Saya percaya bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki modal sosial yang sangat besar untuk bisa melakukan ini bersama-sama."

DEWI NURITA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT