Curi Hand Sanitizer di Bus Transjakarta, Pelaku Mengaku untuk Pengobatan Kaki
TEMPO.CO | 24/01/2021 23:10
Ilustrasi bus Transjakarta. TEMPO/M Taufan Rengganis
Ilustrasi bus Transjakarta. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah sempat viral di media sosial, pencuri botol hand sanitizer di bus Transjakarta berinisial VA, 40 tahun, berhasil ditangkap petugas halte. Pelaku yang berpakaian serba oranye dengan topi merah dan tas hitam ditangkap petugas di Halte Transjakarta Blok M, Jakarta Selatan pada Ahad sore.

“Petugas kami yang sedang berjaga dengan sigap langsung menangkap pelaku di penurunan Halte Blok M. Tentunya Transjakarta sangat mengapresiasi kesigapan kedua petugas kami tersebut,” ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam keterangan tertulis, Ahad, 24 Januari 2021.

Sardjono menerangkan penangkapan VA itu berawal saat petugas di Halte Transjakarta Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, melihat penumpang dengan ciri-ciri pencuri hand sanitizer yang viral. Petugas kemudian segera memberi tahu petugas keamanan lainnya untuk mengawasi pelaku.

Baca juga: PT TransJakarta Periksa CCTV Kejadian Pelemparan Batu Sekitar Halte Bus SMK 57

Saat tiba di Halte Blok M, Jakarta Selatan, petugas segera mencegah dan menangkapnya. Dari hasil interogasi, VA mengaku mengambil botol hand sanitizer untuk biaya pengobatan.

"Pelaku mengaku akan menggunakannya untuk pengobatan kakinya yang sakit," ujar Sardjono.

Setelah melihat kondisi korban, pihak Transjakarta memutuskan tak membawa persoalan itu ke ranah hukum. Sebagai gantinya, VA diminta membuat surat pernyataan tak akan mengulangi perbuatannya tersebut.

"Selanjutnya sebagai efek jera, turut diberikan sanksi,” kata Sardjono.

Aksi pencurian hand sanitizer di dalam bus Transjakarta itu sebelumnya viral di media sosial. Dalam rekaman CCTV bus yang tersebar, VA terlihat mencopot satu botol alkohol itu dari tiang bus ke dalam tas hitamnya saat akan turun.

Warganet pun banyak yang mengecam tindakan VA itu. Sebab hand sanitizer di tempat umum seperti bus Transjakarta sangat dibutuhkan saat pandemi Covid-19 masih melanda.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT