Bansos Tunai Mulai Didistribusikan, 2 Ribu Keluarga di Kembangan Terima ATM
TEMPO.CO | 22/01/2021 04:21
Petugas saat menjelaskan tata cara pengisian formulir pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) di SDN Penjaringan 06 Pagi, Jakarta Utara, Selasa, 19 Januari 2021. Hanya saja, tidak semua warga DKI Jakarta menerima BST Rp 300 ribu per bulan ini. Bantuan hany
Petugas saat menjelaskan tata cara pengisian formulir pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) di SDN Penjaringan 06 Pagi, Jakarta Utara, Selasa, 19 Januari 2021. Hanya saja, tidak semua warga DKI Jakarta menerima BST Rp 300 ribu per bulan ini. Bantuan hanya diberikan pada penerima bansos sembako 2020 hasil pembaruan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta. TEMPO/Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 2.000 keluarga di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat,  menerima bantuan sosial atau bansos tunai pada Kamis, 21 Januari 2021.

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengatakan distribusi kartu penerima bantuan sosial tunai (BST)  dari Pemprov DKI untuk Jakarta Barat sudah berjalan di Kelurahan Kembangan Utara Kecamatan Kembangan.

"Prosesnya tidak lama, hanya sekitar tiga menit,” kata Uus Kuswanto di Jakarta, Kamis.

Penerima bansos tunai ini mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan Bank DKI. Dalam setiap kartu ATM berisi bantuan sebesar Rp300.000 per keluarga.

Penyaluran kartu ATM bansos tunai tersebut dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01, 04, 05, dan 06 Kembangan Utara. Di setiap SD, penyaluran kartu ATM diberikan kepada sebanyak 500 keluarga.

“Mudah-mudahan dengan kartu ATM ini akan lebih mempermudah penyalurannya kepada warga yang berhak menerima BST,” kata Uus.

Pendistribusian bansos tunai Pemprov DKI Jakarta melalui kartu ATM Bank DKI bertujuan untuk menghindari kerumunan. "Warga tidak harus berduyun-duyun pada waktu yang sama sehingga akan menimbulkan kerumunan dan membahayakan pada saat pandemi," kata Uus.

Baca juga: UPC Minta Anies Buka Data Nama Penerima Bansos Tunai di DKI, Sebab...

Berdasarkan data Suku Dinas Sosial Jakbar, terdapat 74.684 keluarga penerima bansos tunai di Jakarta Barat. Rekapitulasi penerima BST Pemprov DKI Jakarta di Jakarta Barat per 21 Januari 2021 mencapai 15.500 KPM.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT