Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
TEMPO.CO | 21/01/2021 18:19
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, saat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Pertanian Babel.
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, saat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Pertanian Babel.

MENDO BARAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menetapkan porang sebagai komoditas unggulan di Babel untuk meningkatkan perekonomian para petani di masa pandemi Covid-19. 

Keseriusan tersebut ditunjukkan oleh Gubernur Erzaldi saat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Pertanian Babel, Jalan Raya Penagan, Air Pelempang, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Kamis 21 Januar 2021. 

UPTD Balai Benih Air Pelempang ini akan dijadikan sebagai salah satu lokasi budi daya porang. Pada kesempatan itu, Gubernur Erzaldi melihat dan melakukan survei di lahan seluas 50 hektar yang akan diolah sebagai tempat penanaman porang. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyatakan, kunjungan ke UPTD Balai Benih Pertanian Air Pelempang ini untuk mempercepat pembibitan porang dengan bekerja sama dengan PT Paidi Porang Indonesia. Ke depan diharapkan ketersediaan bibit porang di Babel bisa terpenuhi. 

"Target kita adalah menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pusat penyediaan bibit porang di wilayah Sumatera," ujarnya. Dalam waktu satu atau dua hari ini, bibit porang sudah sampai di Babel untuk dikelola oleh tim UPTD Air Pelempang. 

 Pada kesempatan itu, Gubernur Erzaldi juga menghadirkan pihak Bank BRI untuk mendukung ketersediaan bibit porang melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). "Mudah-mudahan rencana kita menjadikan porang sebagai komoditi yang akan menunjang perekonomian, Insya Allah betul-betul dapat terealisasikan," katanya.

Untuk menjamin hasil produksi porang, telah disiapkan offtaker yang bertanggung jawab untuk membeli produk-produk petani.  Selain porang, komoditi lain yang juga akan dikembangkan sebagai upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan menambah nilai pendapatan petani adalah Jahe Merah. 

Sementara itu perwakilan PT Paidi Porang Indonesia, Hadi menjelaskan, penanaman porang membutuhkan keahlian tentang masa tanam, serta cara pengelolaannya dengan baik dan benar. Karena itu, pihaknya siap mendampingi UPTD Air Pelempang dan para petani porang mulai dari tahap pembibitan hingga panen.

Selain itu, PT Paidi Porang Indonesia siap menjadi offtaker hasil produksi petani di Bangka Belitung. Pada enam bulan pertama, porang sudah menghasilkan benih untuk dijual. Ketika umbi siap panen, porang bisa menghasilakan benih yang lebih banyak.

Ikut mendampingi Gubernur Erzaldi dalam kunjungan ini, Kepala Dinas Pertanian Babel  Juaidi, Kepala UPTD Balai Benih Pertanian Air Pelempang Judnaidy, Kepala Cabang BRI Pangkalpinang Yerri Chandra, dan Kepala Kantor Bank BRI, Syariah Firman Hidayat.

Selain itu Pemimpin Redaksi ( Pemred) Bangka Pos grup, Ibnu Taufik Juwarianto,  pegiat petani Porang Babel, Zaiwan, dan Kades Bedengung Zulmastari.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT