Jokowi Sebut 5 Bisnis yang Bertahan dan Potensial di Masa Pandemi, Apa Saja?
TEMPO.CO | 21/01/2021 10:47
Presiden Jokowi. TEMPO/Subekti.
Presiden Jokowi. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan ada lima bisnis yang akan terus bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Kelimanya yaitu pangan, farmasi dan rumah sakit, teknologi, jasa keuangan, dan pendidikan.

Persoalannya, kata Jokowi, masih banyak komoditas di sektor ini yang diimpor. Mulai dari gula, kedelai, jagung, hingga bawah putih.

Dengan begitu, ia mengajak para CEO untuk bisa berkolaborasi dengan para petani. "Sehingga (impor) komoditas yang tadi saya sampaikan, bisa kita selesaikan," kata Jokowi dalam acara Kompas100 CEO Forum pada Kamis, 21 Januari 2021.

Kondisi yang sama juga terjadi di sektor farmasi, di mana 85 persen masih impor. "Kenapa tidak dilakukan di Indonesia?" kata Jokowi.

Lalu ada juga industri teknologi yang akan semakin bertahan. Salah satunya pada teknologi mobil listrik dan litium baterai. "Nikelnya kita memiliki," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menilai ada dua sektor bisnis yang akan potensi untuk jangka panjang. Pertama adalah bisnis green product dan ekonomi hijau. "Semua negara sudah melihat itu, kita punya kesempatan besar untuk ini," kata dia.

Kedua yaitu ekonomi digital. Semua pihak, mulai dari industri hingga pemerintahan, pasti harus masuk ke sektor digitalisasi ini. Sehingga, proses kerja yang dilakukan pun bisa semakin efisien. Untuk itu, Jokowi berharap para CEO yang hadir di acara ini bisa memanfaatkan potensi dan peluang bisnis tersebut.

Baca: 3 Nama Dewan Pengawas SWF Usulan Jokowi Disetujui DPR, Siapa Saja Mereka?


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT