Pelantikan Joe Biden, Jokowi Berharap Kerja Sama AS-Indonesia Diperkuat
TEMPO.CO | 21/01/2021 09:58
Wakil Presiden AS, Joe Biden berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo saat tiba untuk menghadiri jamuan makan siang di Naval Observatory, 28 Oktober 2015. Jamuan santap siang oleh Wapres Joe Biden ini digelar khusus untuk menghormati Presiden Jokowi. A
Wakil Presiden AS, Joe Biden berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo saat tiba untuk menghadiri jamuan makan siang di Naval Observatory, 28 Oktober 2015. Jamuan santap siang oleh Wapres Joe Biden ini digelar khusus untuk menghormati Presiden Jokowi. AP/Andrew Harnik

TEMPO.CO, Jakarta - Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat setelah dilantik di halaman Gedung Capitol, Rabu, 20 Januari 2021 waktu setempat. Pengambilan sumpah Joe Biden dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung mengucapkan selamat atas pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden Amerika Serikat dan Wakil Presiden Amerika Serikat.

"Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarry atas pelantikan Anda sebagai Presiden yang ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat," ujar Jokowi lewat akun Instagram @jokowi, Kamis, 21 Januari 2021.

Jokowi berharap pemimpin baru Amerika Serikat itu akan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat. "Mari terus perkuat kemitraan strategis kita. Tidak hanya untuk kepentingan negara kita berdua, tetapi untuk dunia yang lebih baik untuk semua," ujar Jokowi.

Joe Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat menggantikan Donald Trump. Biden yang kini berusia 78 tahun menjadi presiden AS tertua dalam sejarah.

Pasangan Joe Biden, Kamala Harris, merupakan sosok perempuan keturunan dari pasangan imigran Jamaika dan India. Harris menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat.

Baca juga: Sah, Kamala Harris Jadi Wakil Presiden Amerika Perempuan Pertama


DEWI NURITA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT