Polisi Sebut Tak Ada Pelanggaran Protokol Kesehatan di Acara Raffi Ahmad
TEMPO.CO | 19/01/2021 04:12
Raffi Ahmad berswafoto dengan Presiden Jokowi usai disuntik vaksin Covid-19 Sinovac di Istana Negara, Jakarta, 12 Januari 2021. Foto: Instagram
Raffi Ahmad berswafoto dengan Presiden Jokowi usai disuntik vaksin Covid-19 Sinovac di Istana Negara, Jakarta, 12 Januari 2021. Foto: Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad. Dugaan pelanggaran protokol kesehatan tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak dalam pesta itu viral di media sosial.   

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan, di Jakarta, Senin 18 Januari 2021.

Hasil pemeriksaan pada 10 orang yang menghadiri ulang tahun bos KFC itu mengungkap acara itu telah menerapkan protokol kesehatan. Setiap tamu undangan yang hadir sudah menjalani tes swab antigen.

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.

Pesta ulang tahun yang dihadiri Raffi itu menjadi viral karena selebritas tersebut baru saja mengikuti vaksinasi Covid-19 di Istana Merdeka pada Rabu 13 Januari bersama dengan Presiden Jokowi.



Akibat kasus viral itu, Raffi ditegur oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

Raffi telah meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Dia juga mengakui kesalahannya yang telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun dan tidak memakai masker.

Baca juga: Polisi: Raffi Ahmad dan Orang yang Datang ke Rumah Ricardo Gelael Tak Diundang

Menurut Raffi Ahmad, sebelum masuk ke rumah Ricardo Gelael, dirinya sudah menjalankan protokol kesehatan. "Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler. Tapi pas di dalam, kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apa pun itu saya juga minta maaf karena kejadian ini jadi heboh," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT