Ingin Dapat Token Listrik Gratis Lewat Aplikasi PLN Mobile? Simak 5 Caranya
TEMPO.CO | 17/01/2021 08:32
Warga memasukan pulsa token listrik di Rusun Benhil, di Jakarta, Rabu, 1 April 2020. Pemerintah menggratiskan tagihan listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama tiga bulan (April-Juni 2020) s
Warga memasukan pulsa token listrik di Rusun Benhil, di Jakarta, Rabu, 1 April 2020. Pemerintah menggratiskan tagihan listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama tiga bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen yang merupakan dampak penyebaran pandemi virus corona COVID-19. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, Agung Murdifi, menjelaskan ada lima langkah mudah bagi masyarakat yang ingin mendapat token listrik gratis.

Token listrik gratis yang merupakan stimulus Covid-19 ini bisa didapatkan melalui Aplikasi PLN Mobile yang terdapat di Playstore atau Appstore. Setelah selesai mengunduh, kata Agung, pelanggan dapat masuk ke aplikasi PLN Mobile dengan cara:

2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4. Token gratis akan muncul.

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga tetap menyediakan akses melalui website https://stimulus.pln.co.id/ atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus listrik ini.

Agung menjelaskan, PLN menambah Channel melalui Aplikasi PLN Mobile untuk lebih mempermudah. "Karena tinggal buka aplikasi di HP, masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, sudah dapat nomor tokennya," katanya, dalam keterangan pers, Sabtu, 16 Januari 2021

Lebih jauh, Agung menyebutkan penyaluran stimulus listrik periode Januari 2021 berjalan lancar. Stimulus diberikan ke 32 juta pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi serta 459.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA.

“Kami melihat proses penyalurannya berjalan lancar, sejak tanggal 7 kemarin pelanggan sudah menikmati stimulus listriknya,” kata Agung.

Sebelumnya pemerintah telah memutuskan perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam ketentuan berikut:

- Diskon listrik 100 persen diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis yang besarannya sama seperti sebelumnya.

- Diskon 50 persen diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelangggan prabayar diskon 50 persen langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Jadi, kata Agung, untuk pelanggan pascabayar akan langsung dapat pengurangan biaya tagihan listrik. "Kemudian untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan. Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik,” ucapnya.

Stimulus listrik dari PLN ini akan berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening Januari - Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan prabayar berlaku saat pembelian token listrik Januari - Maret 2021.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT