Terpopuler Bisnis: Jokowi Teken Perpres Tunjangan ASN hingga Data Sriwijaya Air
TEMPO.CO | 17/01/2021 06:58
Presiden Joko Widodo alias Jokowi (tengah) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 29 Juni 2020. Rapat ini digelar setelah diunggahnya video saat Presiden memperingatkan kab
Presiden Joko Widodo alias Jokowi (tengah) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 29 Juni 2020. Rapat ini digelar setelah diunggahnya video saat Presiden memperingatkan kabinetnya terkait penanganan Covid-19. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Sabtu, 16 Januari 2021, dimulai dari Jokowi meneken 4 perpres terkait tunjangan jabatan fungsional ASN serta berita soal Dino Patti Djalal, Sandiaga hingga Dendeng Balado. 

Selain itu ada juga berita tentang patroli laut bea cukai yang menggagalkan penyelundupan rokok ilegal di perairan Riau, baterai kotak CVR Sriwijaya Air dan tanggapan menteri perdagangan soal gugatan uni eropa soal ekspor biji nikel.

Berikut berita terpopuler ekbis pada hari kemarin:

1. Jokowi Teken 4 Perpres Mengenai Tunjangan Jabatan Fungsional ASN, Ini Daftarnya

Presiden Jokowi meneken empat Peraturan Presiden yang mengatur mengenai besaran tunjangan jabatan bagi pejabat fungsional di pemerintahan.

Beleid yang telah diteken tersebut antara lain adalah Perpres Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara.  

Besaran Tunjangan Pembina Teknis Perbendaharaan Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden ini," dinukil dari Pasal 3 beleid tersebut.  

Pemberian tunjangan tersebut akan dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Jabatan fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara terbagi kepada tiga jenjang jabatan ASN atau aparatur sipil negara. 

2. Antara Dino Patti Djalal, Sandiaga Uno, dan Dendeng Krispi Balado

Dino Patti Djalal punya permintaan spesifik kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dino sebelumnya telah menerima tawaran dari Sandi untuk menjadi penasihat utama di kementerian.

Dino tidak bersedia menerima gaji, namun menerima imbalan berupa lauk dendeng balado setiap bulan. Ia menyebutkan ingin jenis dendeng balado yang krispi alias garing.

"Saya tidak terlalu suka yang dendeng batokok (dendeng yang lebih basah, tidak garing)," kata mantan Wakil Menteri Luar Negeri ini saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 15 Januari 2020.

3. Baterai Kotak Hitam CVR Sriwijaya Air Terpisah dengan Memori, Data Bisa Selamat?

TNI Angkatan Laut telah menemukan baterai dan casing kotak hitam atau black box berupa perekam suara kokpit atau CVR milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut atau Kadispenal Laksamana Pertama (Laksma) TNI Julius Widjono mengatakan kedua bagian itu ditemukan terpisah dari memori kotak hitam.

“Terpisah dengan main body-nya. Saat ini kami masih mencari bagian utamanya,” kata Julius kepada Tempo, Sabtu, 16 Januari 2021.

CVR berfungsi sebagai perekam percakapan pilot dan ko-pilot serta suara lainnya dalam ruang kokpit. Data CVR dibutuhkan dalam proses investigasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat.

Pengamat penerbangan dari Aviatory, Ziva Narendra, mengatakan data dalam kotak hitam CVR kemungkinan tetap bisa diunduh meski kondisi memorinya kini terlepas dengan baterai. Musababnya, kata dia, belum tentu bagian utama dari CVR itu rusak.

4. Patroli Laut Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Perairan Riau

Satgas patroli laut Bea Cukai menggagalkan aksi empat unit kapal high speed craft (HSC) bermesin 6 x 250 PK tanpa nama dan satu buah kapal bermuatan orang banyak yang membawa rokok selundupan di perairan Pulau Buluh, Riau, Jumat, 15 Januari 2021.

Hal tersebut bermula dari kecurigaan petugas atas adanya pergerakan empat HSC yang beriringan dan cocok dengan informasi intelijen yang diperoleh. Petugas kemudian sudah melakukan pembuntutan sejak dari perairan Pulau Medang Lingga. Namun, karena mereka menggunakan mesin dengan kapasitas di atas kelaziman, maka petugas tidak berhasil melakukan pencegatan.

“Sekitar pukul 09.30 WIB, kapal patroli Bea Cukai kembali mengidentifikasi keberadaan HSC yang membawa rokok ilegal di wilayah perairan Sungai Bela, Indragiri Hilir dari arah Kuala Lajau. Setelah meyakini, petugas memerintahkan HSC tersebut untuk berhenti namun tidak dipatuhi dan bahkan berusaha untuk menabrak kapal patroli petugas,” kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 16 Januari 2021.

5. Gugatan Uni Eropa Soal Ekspor Bijih Nikel, Mendag: RI Siap Pertahankan Posisi

Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi menegaskan Pemerintah akan terus memperjuangkan kepentingan Indonesia di tingkat multilateral. Salah satunya yaitu mempertahankan kebijakan terkait bahan mentah (DS 592) yang tengah digugat Uni Eropa (UE) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Mendag juga mengungkapkan, Pemerintah Indonesia menyesalkan langkah Uni Eropa yang meminta pembentukan Panel WTO pada 14 Januari 2021 untuk menyelesaikan kasus tersebut.

“Indonesia siap mempertahankan posisinya di forum penyelesaian sengketa di WTO. Pemerintah bersama pihak terkait akan terus berkoordinasi untuk memastikan bahwa langkah dan upaya mendorong peningkatan nilai tambah dan daya saing nasional akan senantiasa menjadi agenda prioritas ke depan,” ujar Lutfi, dinukil dalam keterangan tertulis di laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Sabtu, 16 januari 2021.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT