Erick Thohir Minta Yayasan BUMN Salurkan Bantuan bagi Korban Gempa Majene
TEMPO.CO | 16/01/2021 10:14
Petugas memasukkan logistik bantuan untuk korban gempa bumi Majene kedalam Pesawat Hercules A 1321 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat 15 Januari 2021. TNI AU menyiapkan sejumlah alutsista untuk mengangkut prajurit TNI dalam membantu prose
Petugas memasukkan logistik bantuan untuk korban gempa bumi Majene kedalam Pesawat Hercules A 1321 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat 15 Januari 2021. TNI AU menyiapkan sejumlah alutsista untuk mengangkut prajurit TNI dalam membantu proses operasi SAR, evakuasi bencana, dan menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir meminta Yayasan BUMN segera bergerak cepat menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa Majene. Erick meminta yayasan berkolaborasi dengan posko Satgas Bencana BUMN Provinsi Sulawesi Barat.

Setelah perintah itu muncul, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto mengatakan telah mengirimkan lima set tenda pleton di lokasi gempa. “Pengiriman tenda dilakukan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta,” tutur Susyanto dalam keterangannya seperti dikutip pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Baca Juga: Kadin Akan Temui Erick Thohir untuk Sampaikan Usul Vaksin Mandiri

Kemudian pada akhir pekan ini, tim BUMN akan terjun ke lokasi bencana melalui jalur darat. Tim akan berangkat dari Palu membawa kebutuhan makanan satu truk berupa 2 ton beras, 100 dus mi instan, paket sarden, minyak goreng, biskuit, obat-obatan, hingga tenda darurat dari terpal sebanyak 20 set.

“Seluruh bantuan dari Yayasan BUMN diharapkan sudah bisa tiba di lokasi bencana pada Sabtu sore sehingga bisa difungsikan untuk membantu para korban,” kata Susyanto.

Gempa bumi dengan skala 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada Jumat dinihari, 15 Januari 2021 pukul 01.28 WIB. Data dari BMKG menyatakan, titik pusat gempa Majene berada di 4 kilometer barat laut Majene dengan kedalaman 10 kilometer.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT