Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Medis Dimulai di RSCM Jakarta Pusat
TEMPO.CO | 14/01/2021 18:26
Tenaga kesehatan saat disuntik vaksin COVID-19 di Puskesmas Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 14 Januari 2021. Menurut petugas sebanyak 25 tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi COVID-19 di puskesmas Duren Sawit pada hari pertama. TEMPO / Hilman Fathurrahm
Tenaga kesehatan saat disuntik vaksin COVID-19 di Puskesmas Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 14 Januari 2021. Menurut petugas sebanyak 25 tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi COVID-19 di puskesmas Duren Sawit pada hari pertama. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan dimulai hari ini di Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Jakarta Pusat. Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Penelitian RSCM Trimartani menyatakan, total ada 60 tenaga medisnya yang disuntik vaksin Covid-19 pada hari ini.

"Launching atau kick off vaksinasi untuk tenaga kesehatan Alhamdulillah tadi sudah dibuka oleh dokter Dante, Wakil Menteri kita, dan berjalan dengan lancar," kata dia saat dihubungi, Kamis, 14 Januari 2021.

Menurut Trimartani, total ada 6 ribu tenaga medis RSCM yang bakal menerima vaksin Covid-19. Mereka terdiri dari dokter, perawat, farmasi, analis darah di laboratorium, ahli gizi, radiografer, peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS), dan peserta didik lainnya.

Dia menyampaikan vaksinasi akan berjalan bertahap setiap hari. RSCM telah menyiapkan empat ruangan untuk vaksinasi. Masing-masing ruangan, lanjut dia, dipatok kuota vaksin Covid-19 untuk 60 orang per hari.

"Jadi satu hari kira-kira 240 orang," ucap dia.

Persiapan vaksinasi di RSCM dimulai pada September 2020. Di bulan itu, Trimartani menjelaskan, pihaknya mengajukan data pegawai untuk divaksin kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Tiga bulan berikutnya, RSCM memperoleh kabar bahwa vaksinasi Covid-19 akan diselenggarakan di rumah sakit itu. Karenanya, RSCM membentuk tim untuk pelatihan, pendataan, logistik, sarana dan prasarana, serta pemantauan.

Baca juga: DKI Siapkan 21 Rumah Sakit Rujukan Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Di Indonesia, vaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjadi penerima pertama vaksin Sinovac ini. Selain Jokowi, sejumlah pejabat dan publik figur juga divaksin, salah satunya aktor Raffi Ahmad.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT