Satu Korban Longsor Sumedang, Sekretaris Kwartir Cimanggung, Berhasil Ditemukan
TEMPO.CO | 14/01/2021 14:53
Anggota Basarnas melakukan pencarian korban bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa, 12 Januari 2021. Tim SAR gabungan masih mencari sedikitnya 24 korban hilang yang telah terdata akibat bencana tanah longsor yang terja
Anggota Basarnas melakukan pencarian korban bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa, 12 Januari 2021. Tim SAR gabungan masih mencari sedikitnya 24 korban hilang yang telah terdata akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu 9 Januari lalu. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan jenazah Dadang Kusnadi, Sekretaris Kwartir Ranting Cimanggung pada Rabu, 13 Januari 2021. Dadang merupakan salah satu korban longsor Sumedang. Saat ini, tim masih mencari 19 orang lagi yang masih tertimbun longsor yang terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021.

“Tim SAR Pramuka yang terlibat dalam proses evakuasi jenazah hingga pemakaman Kak Dadang terus memakai baju hazmat,” kata Ketua Tim Anjing Lacak SAR Pramuka Bencana Longsor Sumedang, Purwo Widodo, Kamis, 14 Januari 2021.

Proses pemakaman Dadang pada Rabu malam dihadiri pengurus dan keluarga besar Kwarran Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pada saat inisiden terjadi, Dadang dan puteranya (pramuka penegak) membantu evakuasi korban longsor yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Keduanya membantu puluhan aparat dan tim SAR. Sejumlah rumah dan beberapa warga tertimbun longsor setelah hujan lebat di Cimanggung. Dadang merupakan pembina mahir dan pernah mengikuti kursus instruktur SAR.

Sekitar pukul 17.00 WIB, terjadi longsor susulan yang lebih besar. Puluhan tim penyelamat ikut tertimbun. Puteranya Dadang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat meski mengalami luka ringan pada bagian kepala, tangan, dan kaki. Sementara Dadang tertimbun tanah.

Korban lain bencana alam longsor Sumedang ini adalah Komandan Koramil Cimanggung Kapten Inf Setiyo Pribadi, Kepala Seksi Trantibum Kecamatan Cimanggung Suhada, dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang Yedi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT