Bersama Presiden, Gubernur Erzaldi Serahkan Sertifikat Tanah Rakyat
TEMPO.CO | 05/01/2021 19:13
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

AIR ITAM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, bersama Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menyerahkan Sertifikat Hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah kepada masyarakat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Selasa, 5 Januari 2021. 

 

Bersama dengan 26 provinsi lainnya, penyerahan sertifikat tanah tersebut berlangsung secara virtual, yang disiarkan melalui media sosial di kanal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Usai menyaksikan penyerahan sertifikat oleh Presiden RI, Gubernur Erzaldi Rosman juga langsung menyerahkan sertifikat kepada 50 perwakilan warga dari Kota Pangkalpinang. Sementara untuk kabupaten lain akan diserahkan oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Babel. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan selamat kepada masyarakat yang menerima sertifikat. Harapannya, setelah sertifikat kepemilikan tanah ini diterima, dapat dipergunakan dengan penuh tanggung jawab. Sertifikat tanah bisa dijadikan sebagai jaminan ke bank atau lembaga keuangan lain untuk modal usaha.

"Silakan gunakan sebagai jaminan usaha. Tetapi seperti yang disampaikan oleh presiden tadi, hati-hati dan perhitungkan secara matang, jangan sampai salah perhitungan, dan malah hak sertifikat ini nanti menjadi hilang," ujarnya. 

Namun Gubernur Erzaldi yakin jika sertifikat ini digunakan untuk hal yang baik dan benar serta penuh perhitungan, maka akan memberikan manfaat untuk kekuatan ekonomi masyarakat maupun kekuatan ekonomi Indonesia. 

Gubernur Erzaldi juga menjelaskan pada 2021, Babel ditargetkan mendapat 40.000 sertifikat tanah sedangkan tahun lalu 16.000 sertifikat tanah telah dibagikan. Harapannya, program ini didukung oleh masyarakat dan pemerintah kabupaten kota. 

"Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah khususnya dari Kanwil BPN Babel dan Kementerian BPN RI ini sangat mendorong terbitnya sertifikat, bahkan sekarang ada e-sertifikat. Ini suatu terobosan yang sangat luar biasa dan semoga program ini betul-betul dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.  

Di kesempatan tersebut Gubernur Erzaldi berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan dengan penerapan 3 M. Terlebih bagi masyarakat lansia dan mempunyai penyakit rentan. 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan telah menyerahkan 584.407 sertifikat tanah kepada masyarakat di 26 provinsi di Indonesia. Penyerahan ini dilaksanakan atas komitmen pemerintah mempercepat penyertifikatan tanah di seluruh tanah air. 

Presiden mengatakan Kementerian ATR/BPN telah menerbitkan sertifikat kepemilikan hak atas tanah sebesar 5,4 juta pada 2017, 9,3 juta sertifikat di 2018, dan 9 juta sertifikat pada 2019. Pada 2020 ini akibat pandemi Covid-19 dari target 11 juta sertifikat, realisasinya adalah 6,8 juta. 

Presiden mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran ATR/BPN atas kerja keras dalam menyelesaikan target yang telah diberikan khususnya dalam menerbitkan sertifikat tanah ini. 

Kepala Kantor Wilayah BPN Babel, Iskandar Syah berharap agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi membantu kantor pertanahan di seluruh kabupaten/kota, untuk menyukseskan program ini.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, staf kepresidenan; Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel, Yulizar Adnan, Kepala Biro Pemerintahan Babel, Kurniawan, dan perwakilan penerima sertifikat tanah.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT