Cabut Larangan Perjalanan, Arab Saudi Kembali Izinkan Warga Asing
TEMPO.CO | 03/01/2021 17:00
Petugas memeriksa dokumen umat muslim yang akan melaksanakan ibadah umrah di Bandara Interasniona King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, 1 November 2020. REUTERS/Ismail Nofal
Petugas memeriksa dokumen umat muslim yang akan melaksanakan ibadah umrah di Bandara Interasniona King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, 1 November 2020. REUTERS/Ismail Nofal

TEMPO.CO, Jakarta - Arab Saudi membuka kembali akses masuk warga asing mulai Ahad setelah larangan yang berlangsung dua minggu di tengah kekhawatiran varian baru Covid-19, menurut pengumuman yang drilis kantor berita negara pada Ahad.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri Arab Saudi mengatakan bahwa masih ada beberapa pembatasan, termasuk meminta orang-orang yang datang dari negara tempat varian baru corona menyebar seperti Inggris, Afrika Selatan dan lainnya, untuk tinggal setidaknya 14 hari dari negara-negara tersebut sebelum memasuki kerajaan.

Warga negara Saudi yang diizinkan masuk untuk kasus-kasus kemanusiaan dan esensial, yang berasal dari negara-negara tempat penyebaran varian baru Covid-19, diharuskan tetap di rumah mereka selama 14 hari untuk observasi, Arab News melaporkan.

Arab Saudi telah meluncurkan vaksin untuk Covid-19 dan dimulai dengan individu yang dianggap berisiko tinggi.

Kerajaan Saudi juga mengalami penurunan yang stabil dalam jumlah kasus baru dan kematian akibat pandemi.

Pada Sabtu, Kementerian Kesehatan mencatat hanya 101 kasus baru, angka terendah dalam sembilan bulan terakhir, dengan dua wilayah melaporkan nol kasus Covid.

Total 362.488 orang telah tertular penyakit di Arab Saudi sejak Covid-19 pertama kali terdeteksi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019.

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-saudi/saudi-arabia-ends-entry-ban-keeps-some-coronavirus-restrictions-state-news-agency-idUSKBN2970O9?il=0

https://www.arabnews.com/node/1786461/saudi-arabia


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT