Bingung Memberi Kado untuk Difabel, Pilih 5 Jenis Hadiah yang Bermanfaat Ini
TEMPO.CO | 02/01/2021 10:00
Ilustrasi penyandang disabilitas atau difabel. REUTERS | Rafael Marchante
Ilustrasi penyandang disabilitas atau difabel. REUTERS | Rafael Marchante

TEMPO.CO, Jakarta - Meriahkan Tahun Baru 2021 dengan bertukar kado. Kalau belum bisa bertemu, kamu dan teman-teman dapat mengirimkan hadiah tahun baru melalui jasa ekspedisi dan buka kado bersama lewat jumpa virtual.

Jangan bingung saat hendak memberikan hadiah untuk saudara, teman, atau kekasih difabel. Kamu tetap dapat mencari hadiah yang bermanfaat untuknya atau membuatnya terkesan. Mengutip laman Forbes, ada beberapa jenis hadiah kado yang dapat diberikan kepada difabel. Kriteria hadiah tersebut tentu harus disesuaikan dengan kondisi penerima, nyaman, dan aman.

Berikut lima jenis hadiah yang dapat kamu berikan kepada penyandang disabilitas:

  1. Produk buatan penyandang disabilitas
    Terdapat beberapa toko yang menjual produk buatan penyandang disabilitas. Baik itu kerajinan tangan berupa tas, pakaian, topi, kotak atau wadah benda, dan lainnya. Ada pula usaha kecil menengah yang mengkhususkan diri menjadi distributor produk buatan disabilitas atau memang dibuat untuk raga, difabel tertentu.

  2. Barang yang memang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas
    Salah satu hadiah yang dapat diberikan kepada difabel adalah alat pengampu yang adaptif atau dapat digunakan dan aman. Sebelum memutuskan membeli alat pengampu adaptif, perhatikan lagi apakah benda tersebut benar-benar sesuai dengan kondisi penerima dan dia butuhkan.

    Ilustrasi hadiah (Pixabay.com)

  3. Benda yang dapat membuka akses pengetahuan bagi penyandang disabilitas
    Menyediakan akses bagi difabel agar bisa memperoleh informasi di dunia maya merupakan kado yang menarik untuk penyandang disabilitas. Supaya mereka medapat informasi baru, kamu bisa membelikannya gadget berupa ponsel, laptop, beserta paket data supaya terkoneksi dengan Internet. Sebelum memberikannya, pastikan terdapat fitur yang terakses di dalam gadget tersebut.

  4. Layanan pendampingan atau perawatan
    Hadiah untuk penyandang disabilitas tak selalu berupa barang atau uang. Layanan pendampingan atau perawatan juga amat berharga bagi difabel yang membutuhkannya. Seandainya tidak ada biaya untuk membayar fasilitas perawatan atau pendampingan, kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukannya sendiri.

  5. Memberikan kenyamanan
    Mirip seperti poin keempat, kenyamanan di sini bermakna lebih dalam. Misalkan kalian berencana melakukan suatu aktivitas bersama, maka berikan kenyamanan kepada difabel sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Misalkan hendak nonton film bersama di rumah, kamu dapat membuat atau memesan makanan yang dapat disantap bersama sembari menonton film, dan sebagainya.

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT