Pidato di Acara Sertijab Menkes, Terawan: Semua Sadar Kapan Harus Berhenti
TEMPO.CO | 29/12/2020 19:30
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengikuti sidang kabinet pertama Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019. TEMPO/Subekti
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengikuti sidang kabinet pertama Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Serah terima jabatan atau Sertijab Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto kepada Budi Gunadi Sadikin resmi digelar pada Selasa sore, 29 Desember 2020. Dalam acara itu, Terawan menyampaikan kesan dan pesannya selama kurang lebih setahun menjabat.

Menurut bekas Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu, pensiun dari jabatan merupakan hal biasa baginya. "Saya mengawali jabatan Menkes dengan pensiun sebagai Letjen TNI, sekarang saya mengakhirinya sebagai Menteri Kesehatan RI. Itu hal biasa dalam penugasan, maka dari itu saya siap," ujar Terawan seperti ditayangkan di YouTube Kemenkes, Selasa, 29 Desember 2020.

Terawan bercerita, sebetulnya masa pensiunnya dari TNI masih cukup lama, tetapi dia harus konsekuen terhadap setiap keputusan yang dijalani yaitu sebagai Menteri Kesehatan Periode 2019-2020. Rabu pekan lalu, ia dicopot dari jabatan dan digantikan Budi Gunadi Sadikin.

Terawan bersama seluruh staf khusus menyampaikan permohonan maaf dan resmi undur diri dari Kementerian Kesehatan.

"Kebetulan staf-staf saya ini mantan militer, semua juga sadar kapan harus berhenti, kapan harus berjalan, kapan harus menghadapi situasi, kapan harus tahu kemampuan dan kapan tahu batas kemampuan," ujar Terawan.

Ia lalu mengucapkan selamat datang kepada Menteri Kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin. "Saya menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bekerja kepada Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan dan Dokter Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan RI".

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT