Lakukan Sertijab Menkes, Terawan Ucapkan Selamat Bekerja pada Budi Gunadi
TEMPO.CO | 29/12/2020 17:49
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam peluncuran Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran pada Selasa 19 November 2019/Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam peluncuran Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran pada Selasa 19 November 2019/Kementerian Kesehatan

TEMPO.CO, Jakarta - Serah terima jabatan atau Sertijab Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto kepada Budi Gunadi Sadikin akhirnya dilakukan pada Selasa sore, 29 Desember 2020.

Acara dimulai sekitar pukul 17.15 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, pemutaran video pengabdian Menteri Kesehatan 2019-2020 Terawan Agus Putranto selama kurang lebih setahun menjabat. Lalu, Terawan berpidato.

"Saya dan istri merasa sangat bersyukur boleh mengakhiri masa jabatan saya, meskipun belum lengkap tapi itu merupakan anugerah yang Tuhan berikan. Saya mengawali jabatan Menkes dengan pensiun sebagai Letjen TNI, sekarang saya mengakhirinya sebagai Menteri Kesehatan RI. Itu hal biasa dalam penugasan, maka dari itu saya siap," ujar Terawan seperti ditayangkan di YouTube Kemenkes, Selasa, 29 Desember 2020.

"Selamat datang dan selamat bekerja kepada Bapak Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dan Bapak Dante sebagai Wakil Menteri Kesehatan RI," lanjut Terawan.

Terawan Agus Putranto dicopot dari jabatan Menteri Kesehatan sejak pekan lalu. Pada Rabu, 23 Desember 2020, Presiden Joko Widodo melantik Budi Gunadi Sadikin menggantikan mantan Direktur Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto tersebut.

Kendati belum ada serah terima jabatan secara resmi, Budi Gunadi Sadikin sudah langsung bekerja sejak dilantik. Ia menyidak beberapa rumah sakit untuk mengecek kesiapan vaksinasi Covid-19.

Kemarin, Budi Gunadi Sadikin juga memfungsionalkan seluruh pejabat eselon 3-4 di lingkungan Kemenkes. Ada sekitar 1.674 pejabat eselon 3-4 Kemenkes yang dilantik menjadi pejabat fungsional baik secara langsung tatap muka maupun virtual. Pelantikan ini merupakan bentuk penyederhanaan birokrasi sebagaimana mandat Presiden Joko Widodo. Sehingga, penyederhanaan birokrasi ini menjadi dua level eselon yakni eselon 1 dan eselon 2.

DEWI NURITA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT