Sebab Rehabilitas Medis Penting Bagi Penyandang Disabilitas
TEMPO.CO | 15/12/2020 10:00
Ilustrasi penyandang disabilitas atau difabel. REUTERS | Rafael Marchante
Ilustrasi penyandang disabilitas atau difabel. REUTERS | Rafael Marchante

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan salah satu pilar penting strategi kesehatan adalah layanan rehabilitasi medis bagi pasien, termasuk yang mengalami disabilitas akibat kondisi tertentu.

Nila Moeloek yang juga anggota Dewan Eksekutif Organisasi Kesehatan Dunia atau Excecutive Board World Health Organisation, menjelaskan rehabilitasi merupakan wujud kemandirian yang menjadi faktor penghubung bagi penyandang disabilitas dalam mengakses layanan kesehatan. "Sebab kondisi disabilitas seseorang tidak selalu terjadi sejak lahir," kata Nila Moeloek dalam diskusi virtual peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diadakan oleh Indonesian Clinical Training and Education Centre (ICTEC) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis 3 Desember 2020.

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Boya Nugraha mengatakan kondisi disabilitas banyak disebabkan oleh penyakit tidak menular. "Sementara stigma di masyarakat adalah kondisi disabilitas seseorang terjadi karena faktor lahir," katanya.

Faktanya, disabilitas yang terjadi karena faktor lahir atau kongenital sangat sedikit, sekitar 10 -22 persen. Adapun faktor tertinggi yang mengakibatkan seseorang menjadi difabel non-communicable disease, seperti kanker, diabetes, jantung, dampak operasi, dan sebagainya.

Lantaran kondisi disabilitas banyak terjadi akibat penyakit tertentu dan bukan sejak lahir, maka mereka perlu mendapatkan rehabilitasi medis dalam berbagai fase layanan kesehatan. Riset WHO menunjukkan sekitar 2,4 miliar orang di dunia memerlukan rehabilitasi medis.

"Rehabilitasi tidak hanya dibutuhkan dalam fase pemulihan atau setelah sakit," kata Professor Rehabilitasi Medis dari Hanover Jerman yang juga pemegang European Board Certified, Christoph Gutenbrunner. "Rehabilitasi adalah strategi kesehatan bagi orang yang mengalami penyakit kronik agar tidak berlanjut pada kedisabilitasan."


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT