Kasus Covid Terus Naik, Ini Saran Faisal Basri Agar Pandemi Cepat Selesai
TEMPO.CO | 04/12/2020 09:35
Faisal Basri. TEMPO/Jati Mahatmaji
Faisal Basri. TEMPO/Jati Mahatmaji

TEMPO.CO, Jakarta – Ekonom senior dari Universitas Indonesia, Faisal Basri, meminta Presiden Joko Widodo alias Jokowi berfokus menangani Covid-19. Faisal mengatakan Jokowi harus membentuk tim purna-waktu agar pandemi cepat selesai. 

“Ini bukan kerja sambilan. Bentuk tim purnawaktu yang profesional dan ahlinya,” tutur Faisal dalam akun Twitter resminya, Kamis, 3 Desember 2020.

Menurut Faisal, Jokowi tak dapat berharap sepenuhnya pada para menteri untuk menangani pagebluk. Sebab, pembantu presiden memiliki tugas yang banyak di luar penangan Covid-19. 

“Pak Presiden, tolong segera selamatkan Indonesia,” ucap Faisal. 

Faisal Basri juga mengkritik cara pemerintah dalam menangani pandemi virus corona. Ia menilai para menteri yang bertanggung jawab terhadap persoalan Covid-19 sibuk mengurusi investasi.

“Pak Presiden, para menteri yang bertanggung jawab dalam penanganan Covid-19 lebih sibuk urusi investasi. Mereka sering ke luar negeri berhari-hari,” tutur Faisal.

Angka positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Data per Kamis, 3 Desember menunjukkan rekor baru dengan pertambahan kasus 8.369 orang. Dengan demikian, angka positif Covid-19 di Tanah Air mencapai 557.877 orang.

Selama pandemi, empat menteri Jokowi telah terkonfirmasi positif corona. Mereka adalah Menteri Perhubungan Budi Karya; Menteri Kelautan dan Perikanan yang telah mengundurkan diri, Edhy Prabowo; dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Terakhir, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengkonfirmasi kabar serupa. Pada 3 Desember 2020, ia menyatakan positif Covid-19.

Baca: Faisal Basri Prediksi Ekonomi Indonesia Akan Terkontraksi Lebih Lama

FRANCISCA CHRISTY ROSANA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT