Tes Massal 12 Ribu Buruh di Kabupaten Bekasi Dimulai Pekan Depan
TEMPO.CO | 01/12/2020 15:29
Ilustrasi swab test atau tes usap Covid-19. REUTERS
Ilustrasi swab test atau tes usap Covid-19. REUTERS

TEMPO.CO, Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan menggelar tes massal untuk mengidentifikasi kasus Covid-19 mulai pekan depan. Targetnya adalah 12 ribu buruh yang berada di kawasan industri.

"Sekarang masih persiapan, harapannya pekan depan bisa jalan," kata Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bekasi Alamsyah ketika dihubungi pada Selasa, 1 Desember 2020.

Baca Juga: 12.000 Pekerja Pabrik di Bekasi Segera Jalani Tes Swab, Ini Kata Satgas Covid-19

Menurut dia, lokasi tes massal akan dipusatkan di kawasan industri MM2100, Kecamatan Cikarang Barat. Pesertanya adalah buruh yang bekerja di seluruh kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

Ia menyebut, buruh menjadi target tes massal karena menyumbang kasus terbanyak di Kabupaten Bekasi yaitu sekitar 65 persen. Adapun mekanisme tes dilakukan secara bertahap selama 12 hari. Artinya, dalam sehari ada seribu tes menggunakan alat PCR.

"Alatnya mencukupi," kata Alamsyah.

Dilansir dari situs pikokabsi.bekasikab.go.id, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi per hari ini sudah mencapai 6164 dimana kasus aktif sekarang ada 456, kasus sembuh 5600, dan pasien meninggal dunia sebanyak 108.

Masih ditemukannya kasus-Covid 19 setiap hari, membuat Pemerintah Kabupaten Bekasi memperpanjang status pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) sampai 23 Desember 2020. Adapun status zona dari Satgas Nasional, wilayah Kabupaten Bekasi berada di zona oranye alias memiliki risiko sedang.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT