Umumkan Tim Ekonomi, Joe Biden Tonjolkan Keberagaman
TEMPO.CO | 01/12/2020 06:30
Umumkan Tim Ekonomi, Joe Biden Tonjolkan Keberagaman
Umumkan Tim Ekonomi, Joe Biden Tonjolkan Keberagaman

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Amerika Terpilih Joe Biden akhirnya mengumumkan anggota tim ekonominya, mulai dari menteri hingga penasehat. Mereka akan berperan untuk memulihkan perekonomian Amerika akibat dampak COVID-19. Untuk posisi Menteri Keuangan, Joe Biden memilih Janet Yellen yang merupakan mantan Kepala Federal Reserve atau dikenal sebagai the Fed.

Mendampingi Yellen di Kementerian Keuangan sebagai deputi menteri adalah Adewale Adeyomo. Baik Yellen ataupun Adeyomo adalah pilihan bersejarah. Yellen adalah Menteri Keuangan perempuan pertama sementara Adeyomo adalah Deputi Menteri Keuangan kulit hitam pertama.

"Tim ini terdiri atas pelayan-pelayan publik yang dihormati dan sudah teruji. Mereka akan membantu komunitas yang paling terdampak oleh COVID-19 dan merespon ketidaksetaraan dalam perekonomian kita," ujar Joe Biden dalam keterangan persnya, Senin, 30 November 2020.

Presiden Amerika Terpilih Joe Biden menunjuk Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan Amerika yang baru (Sumber: Reuters)


Beberapa nama lain yang disebut Joe Biden adalah Neera Tanden, Cecilia Rouse, Jared Bernstein, dan Heather Boushey. Beberapa nama tersebut sudah beredar sejak beberapa hari lalu sehingga pengumuman hari ini seperti konfirmasi atas rumor yang beredar.

Neera Tanden akan menjadi Direktur Kantor Manajemen dan Penganggaran. Sementara itu, Cecilia Rouse akan menjadi Kepala Dewan Penasehat Ekonomi dengan Jared Bernstein dan Heather Boushey bekerja di bawah komandonya.

Pilihan-pilihan yang diambil Joe Biden sejauh ini menunjukkan perbedaannya dengan inkumben Presiden Amerika Donald Trump. Di saat kabinet Donald Trump didominasi pria-pria kulit putih, Joe Biden menonjolkan keberagaman di kabinetnya mulai dari melibatkan perempuan, african-american, hingga latin.

Bahkan, untuk tim Komunikasi, yang diumumkan sebelum tim Ekonomi, Joe Biden mengisinya dengan figur perempuan semua. Belum diketahui apakah Joe Biden akan melakukan hal serupa untuk tim Pertahanan yang dirumorkan akan menjadi pengumuman selanjutnya.

Sejauh ini, untuk posisi Menteri Pertahanan, tiga nama beredar. Salah satunya adalah perempuan. Dikutip dari CNN, mereka adalah Michele A. Flournoy, Jeh Johnson, dan Lloyd Austin. Senator Tammy Duckworth sempat digadang-gadangkan juga, namun Joe Biden dikabarkan memilih dia tetap berada di Senat Amerika.

ISTMAN MP | REUTERS | CNN

https://www.reuters.com/article/usa-biden/biden-transition-kicks-into-gear-as-trump-acknowledges-dwindling-legal-options-idUSKBN28A1AB?il=0

https://edition.cnn.com/politics/live-news/biden-trump-us-election-news-11-30-20/index.html


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT