Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran di Petamburan II
TEMPO.CO | 30/11/2020 13:45
Ilustrasi kebakaran. TEMPO/Subekti
Ilustrasi kebakaran. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Sektor Tanah Abang menyelidiki penyebab kebakaran di Petamburan II, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Ahad malam, 29 November 2020. Dari hasil penyelidkan sementara, api diduga berasal dari salah satu toko di sana.

"Penyebab sementara itu korsleting listrik di rumah yang juga ada tokonya," ujar Kapolsek Metro Tanah Abang Ajun Komisaris Besar Singgih Hermawan saat dihubungi, Senin, 30 November 2020.

Sampai saat ini, Singgih mengatakan pihaknya sudah memeriksa empat orang saksi dari unsur warga. Hal itu untuk menggali keterangan kronologi kebakaran. "Semuanya masih kami dalami," ujar dia.

Baca juga: Petugas Ungkap Hambatan Padamkan Kebakaran di Petamburan Kemarin Malam

Musibah kebakaran melanda Jalan Petamburan II atau tepat di samping gang rumah Rizieq Shihab. Kebakaran itu menghanguskan 7 kios dan 5 rumah.

"Warga yang tidak kondusif menghambat proses pemadaman," ujar Kasudin Damkar Jakarta Pusat Asril saat dihubungi Tempo, Senin.

Menurut Asril banyak warga Petamburan bergerombol di lokasi kebakaran sehingga menyulitkan pemadaman.

Asril menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.05. Saat itu Sudin Damkar segera mengerahkan 125 petugas dengan 25 unit pemadam kebakaran. Masyarakat melaporkan api pertama kali terlihat dari sebuah kios.

Setelah berjibaku menjinakkan si jago merah selama 3 jam, tim pemadam kebakaran akhirnya baru bisa memadamkan api pada pukul 23.01 WIB. Asril mengatakan luas area kebakaran itu mencapai 750 meter persegi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT