Zulkifli Hasan Janji PAN All Out Menangkan Gibran
TEMPO.CO | 27/11/2020 10:17
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Teguh Prakosa mengayuh sepeda ontel menuju kantor KPU Solo untuk melakukan pendaftaran Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 2020 di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 4 September
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Teguh Prakosa mengayuh sepeda ontel menuju kantor KPU Solo untuk melakukan pendaftaran Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 2020 di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 4 September 2020. ANTARA/Mohammad Ayudha

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menjanjikan kadernya akan memberikan dukungan secara total kepada Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan kepala daerah di Kota Solo. Mereka akan menggerakkan mesin partai di hari-hari akhir masa kampanye ini.

“Teman-teman dari PAN agar di sisa waktu ini bekerja lebih keras lagi,” kata Zulkifli Hasan usai sarapan bersama Gibran di Solo, Jumat pagi 27 November 2020. Dia mengaku sengaja ke Solo untuk memberikan pengarahan dan konsolidasi bersama para kadernya.

Dia mengaku pernah membuat kalkulasi bahwa Gibran bakal meraup kemenangan hingga 75 persen dalam Pilkada Solo. Kalkulasi itu sempat disampaikan kepada Gibran saat bersilaturahmi ke rumahnya di Jakarta beberapa waktu lalu. “Tapi setelah saya lihat sendiri di Solo, saya yakin akan lebih dari 75 persen,” katanya.

Pilkada Kota Solo itu menurutnya cukup menarik sehingga PAN memberikan perhatian khusus. “Solo ini kan menjadi modelnya Indonesia,” katanya. Alasannya, Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo juga berasal dari kota yang berada di Jawa Tengah itu.

Sedangkan Gibran menyebut dukungan dari PAN selama masa kampanye ini sudah cukup memuaskan. “Saya lihat mereka juga sudah bekerja cukup keras,” ujar Gibran. Dalam pilkada ini, Gibran diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan didukung oleh nyaris semua partai politik, termasuk PAN.

Meski demikian, dia menyebut masih ada pekerjaan besar yang juga harus dikerjakan bersama-sama oleh partai-partai pendukungnya. “Mendatangkan masyarakat untuk datang ke TPS,” katanya. Dia berharap para pemilih bisa merasa nyaman dalam memberikan hak suaranya di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dalam pemilihan tersebut, pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa akan berhadapan dengan pasangan Bagyo Wahyono-FX Suparjo. Rival Gibran tersebut maju dalam pilkada melalui jalur perseorangan atau independen.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT