Babel Terima Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik
TEMPO.CO | 26/11/2020 09:50
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat sosialisasi di Gedung Serba Guna Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Senin (23/11/20).
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat sosialisasi di Gedung Serba Guna Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Senin (23/11/20).

Aplikasi Fight Covid-19 telah membantu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk menelusuri, melacak, dan memagari Orang Dalam Pemantauan (OPD) secara realtime selama 14 hari yang terhubung dengan gelang khusus. Aplikasi ini diciptakan pemuda Babel, Muhammad Alghozi dan dikembangkan bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Babel.

Berkat aplikasi ini, Provinsi Babel berhasil mengurangi dampak Covid-19 dan meraih penghargaan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). 

Gubernur Babel Ezaldi Rosman menerima penghargaan dari Ketua Satgas Covid-19 Nasional yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo. Penghargaan itu diserahkan dalam acara Awarding Top Inovasi, Inovasi Penanganan Covid-19, dan Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu, 25 November . 

Provinsi Babel juga menerima penghargaan atas Inovasi Budi Daya Padi Sawah di Lahan Bekas Tambang di Kabupaten Bangka. Dengan demikian, Diskominfo Babel menerima dua penghargaan yang berbeda dari pemerintah pusat. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Provinsi Babel terkhusus kepada Satgas Covid-19.  Aplikasi Fight Covid-19 ini juga telah menjadi trending dan digunakan seluruh masyarakat Indonesia sehingga, dapat menekan jumlah penyebaran Covid-19 melalui pelabuhan dan bandara.

Gubernur Babel berharap, semoga inovasi-inovasi seperti ini terus bermunculan sehingga mampu menguatkan para ASN di Pemprov Babel untuk memajukan daerah.  Kedua penghargaan tersebut juga menjadi bukti bahwa kinerja ASN Babel semakin hari semakin baik. Selain itu, penghargaan-penghargaan ini bukan tujuan utama namun memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, dan dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT