Hari Guru 2020, Ridwan Kamil Janjikan Hadiahi Rumah Murah Bagi 200 Ribu Guru
TEMPO.CO | 25/11/2020 13:41
Ilustrasi guru. shutterstock.com
Ilustrasi guru. shutterstock.com

TEMPO.CO, Depok- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjanjikan penyediaan 200 ribu rumah murah untuk guru dan tenaga kependidikan. Program yang dinama Bakti Padamu Guru (Bataru) itu diluncurkan bertepatan pada peringatan Hari Guru, Rabu 25 November 2020.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Bataru, yaitu program rumah untuk guru, penjaga sekolah, tata usaha, semua yang ada di lingkungan sekolah,” kata Ridwan Kamil seusai menghadiri peringatan Hari Guru di Depok, Rabu 25 November 2020.

Pria yang karib disapa Kang Emil ini mengatakan untuk tahap pertama baru dipersiapkan 20 ribu rumah di 17 kabupaten atau kota. “Mudah-mudahan ini hadiah dari Pemprov Jabar di Hari Guru Nasional tahun 2020,” kata Emil.

Syarat untuk bisa memperoleh rumah murah ini adalah guru dan tenaga kependidikan yang memiliki pendapatan di bawah Rp 8 juta.

Harga rumahnya disesuaikan tapi rata-rata sekitar Rp 150 juta. “Ini bisa dicicil Rp 900 ribu per bulannya,” kata Emil.

Gubernur berharap, dengan adanya program ini, tidak ada lagi guru dan tenaga kependidikan di Jawa Barat yang tidak memiliki rumah alias mengontrak. “Ini sebagai bentuk kesejahteraan para guru,” kata Emil.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT