Dinas Kesehatan DKI: Petamburan Masih Zona Kuning Covid-19, Kasus Aktif Turun
TEMPO.CO | 25/11/2020 10:41
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa massa saat tiba di Petamburan, Jakarta, Selasa, 10 November 2020. Rizieq Shihab beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama 3,5 tahun. Saat tiba di petamburan HRS dis
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa massa saat tiba di Petamburan, Jakarta, Selasa, 10 November 2020. Rizieq Shihab beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama 3,5 tahun. Saat tiba di petamburan HRS disambut oleh massa dengan diiringi lantunan sholawat. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, menurun dalam sepekan terakhir. Kasus aktif di kawasan Petamburan kini 11 kasus dari sebelumnya 20 kasus pada tiga pekan sebelumnya.

"Status zona juga masih tetap kuning," kata Erizon melalui pesan teksnya, Rabu, 25 November 2020. Informasi status zona kuning di kawasan Petamburan bisa dilihat di situs corona.jakarta.go.id.

Erizon mengatakan kasus aktif memang terus bergerak setiap hari. Jumlahnya bisa berkurang dan bertambah seiring dengan kesembuhan dan penemuan kasus baru. "Bisa jadi besok nambah lagi atau bahkan besok bisa habis."

Sejauh ini, kata dia, Pemerintah DKI belum menemukan kasus positif Covid-19 dari kegiatan akad nikah putri Rizieq Shihab sekaligus Maulid Nabi di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, dua pekan lalu.

Erizon mengatakan pemerintah juga belum melacak karena belum menemukan laporan kasus positif dari kegiatan itu. "Belum ada laporan positif dari kegiatan tersebut. Bagaimana mau tracing?"

Ia membantah informasi yang beredar bahwa telah terjadi klaster penularan Covid-19 dari kegiatan Maulid Nabi di Petamburan. Menurut dia, informasi yang beredar belum bisa dipertanggungjawabkan karena belum ditemukan kasus positif dari kegiatan itu.

"Emang sudah ada kluster di Petamburan? Epidemiolog UI saja bilang sampai saat ini tidak ada kluster itu."

Sementara itu, situs Corona Jakarta menunjukkan terdapat 16 RW yang masuk zona merah penularan virus Corona di Ibu Kota. Berikut adalah kawasan zona merah itu:

 

  1. KEL. BALI MESTER, RW 001
  2. KEL. BENDUNGAN HILIR, RW 004
  3. KEL. CEMPAKA BARU, RW 009
  4. KEL. CILANDAK BARAT, RW 010
  5. KEL. DURI PULO, RW 002
  6. KEL. HALIM PERDANA KUSUMAH, RW 007
  7. KEL. KALIBATA, RW 004
  8. KEL. PASEBAN, RW 003

9.KEL. PEGANGSAAN, RW 006

  1. KEL. PELA MAMPANG, RW 003
  2. KEL. RAWA JATI, RW 009
  3. KEL. RAWAMANGUN, RW 010
  4. KEL. RAWASARI, RW 009
  5. KEL. SLIPI, RW 007
  6. KEL. TEBET BARAT, RW 002
  7. KEL. UTAN KAYU SELATAN, RW 003

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT