Kapal Tempur Rusia Usir Kapal Perusak AS di Laut Jepang
TEMPO.CO | 24/11/2020 17:22
Sejumlah kapal perang Rusia berlayar selama parade Hari Angkatan Laut di Kronstadt dekat Saint Petersburg, Rusia, Ahad, 26 Juli 2020. Parade ini menampilkan kapal perang, kapal selam, serta sejumlah alutsista canggih yang dimiliki negara Tirai Besi. REUTE
Sejumlah kapal perang Rusia berlayar selama parade Hari Angkatan Laut di Kronstadt dekat Saint Petersburg, Rusia, Ahad, 26 Juli 2020. Parade ini menampilkan kapal perang, kapal selam, serta sejumlah alutsista canggih yang dimiliki negara Tirai Besi. REUTERS/Anton Vaganov/Pool

TEMPO.CO, - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan angkatan lautnya berhasil mengusir kapal perusak USS John S. McCain milik Amerika Serikat yang diduga beroperasi secara ilegal di perairan teritorial Rusia di Laut Jepang.

Moskow mengatakan kru Kapal Perang Admiral Vinogradof melacak kapal tersebut yang diduga melanggar perairan teritorial Rusia pada 0317 GMT dan masuk sejauh dua kilometer dari perbatasan. "Insiden ini terjadi di Peter the Great Gulf," bunyi keterangan pihak Rusia dikutip dari Reuters, Selasa, 24 November 2020.

Menurut pemerintah Rusia, kru Kapal Admiral Vinogradof telah memperingatkan agar kapal AS meninggalkan daerah itu. Mereka mengancam akan menabraknya untuk memaksanya pergi. Akhirnya, kata Rusia, Kapal AS tersebut segera kembali ke wilayah netral.

Seperti diberitakan Reuters, insiden semacam ini jarang terjadi. Namun peristiwa ini menggarisbawahi hubungan diplomatik dan militer yang buruk antara Rusia dan Amerika Serikat.

Setelah dikejar, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kapal perusak AS itu tidak lagi mencoba memasuki perairan Rusia. Namun Kapal Perang Vinogradov terus disiagakan untuk mengamati pergerakannya. Moskow juga mengirim kapal lain jenis Corvette ke daerah itu.

REUTERS

https://www.reuters.com/article/idUSKBN2840ME?il=0


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT