Trending Bisnis: Sri Mulyani Komentari Libur Panjang Hingga Rekrutmen PPPK
TEMPO.CO | 24/11/2020 06:27
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020. DPR menyetujui Menteri Keuangan mengenakan cukai terhadap produk plastik yang meliputi kantong plastik
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020. DPR menyetujui Menteri Keuangan mengenakan cukai terhadap produk plastik yang meliputi kantong plastik hingga minuman berpemanis dalam kemasan plastik atau kemasan kecil (sachet). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Senin, 23 November 2020, dimulai dari komentar Sri Mulyani soal libur panjang yang tak menggenjot perbaikan ekonomi hingga permintaan ke daerah agar segera melakukan rekrutmen PPPK guru dan non-guru.

Selain itu ada juga berita soal bisnis kuliner Gibran Rakabuming Mangkok Ku yang dapat suntikan pendanaan Rp 28,3 miliar serta investasi perusahaan pembiayaan Amerika Serikat di Indonesia senilai US$ 2 miliar. Ada pula berita tentang tiket kereta untuk natal dan tahun baru yang sudah bisa dipesan. 

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. Ekonomi Tak Membaik, Sri Mulyani Sebut Libur Panjang Hanya Tambah Kasus Covid

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan libur panjang di kala pandemi tidak menimbulkan perbaikan kepada indikator ekonomi, tapi malah menambah jumlah kasus Covid-19. Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah harus sangat berhati-hati melihat fenomena tersebut dan mengambil kebijakan lebih lanjut. 

“Harus hati-hati melihatnya. Apakah dengan adanya libur panjang, masyarakat melakukan aktivitas, mobilitasnya tinggi namun tidak menimbulkan belanja dan menimbulkan tambahan kasus Covid,” ujar Sri Mulyani, di Jakarta, Senin, 23 November 2020.

Sri Mulyani menjelaskan, per kuartal IV-2020, jumlah hari kerja lebih sedikit dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada Oktober tahun lalu misalnya, jumlah hari kerja mencapai 23 hari. Sedangkan di bulan yang sama tahun ini hanya ada 19 hari kerja karena adanya libur panjang.

Meski begitu, libur panjang tak berarti konsumsi listrik di sektor bisnis dan manufaktur menurun. Di sisi lain, aktivitas ekonomi pada Oktober 2020 melemah kembali karena kasus Covid-19 kembali naik.

Baca selengkapnya mengenai libur panjang di sini.

2. Anggaran Siap, Sri Mulyani Minta Daerah Lakukan Rekrutmen PPPK Guru dan Non-Guru

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baik untuk posisi guru maupun non-guru.

"Banyak Pemerintah Daerah mengatakan akan merekrut kalau ada anggarannya, sekarang kami sediakan anggarannya. Tentu dengan demikian, kami berharap ada perekrutan dengan tetap memperhatikan kualitas," ujar dia dalam konferensi video, Senin, 23 November 2020.

Saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan rencana prekrutan hingga 1 juta guru PPPK pada 2021. Sri Mulyani mendukung langkah tersebut lantaran guru honorer hingga kini tercatat sekitar 1,6 juta orang. Sehingga, rekrutmen tersebut bisa mengurangi jumlah guru non-ASN.

"Karena sebagaimana disampaikan para guru honorer, gaji dan tunjangan dari non pns atau honorer menjadi guru yang ASN atau PPPK memang berbeda. Kami terus mendukung langkah-langkah peningkatan kesejahteraan guru dengan tetap menjaga kualitas dari guru," ujar Sri Mulyani.

Simak selengkapnya tentang PPPK di sini.

3. Bisnis Mangkok Ku Gibran Rakabuming Dapat Suntikan Dana Rp 28,3 M

Bisnis kuliner milik Gibran Rakabuming Raka, Mangkok Ku, mendapat suntikan modal hingga US$ 2 juta atau sekitar Rp 28,3 miliar (kurs Rp 14.162 per dolar AS) dari Alpha JWC Ventures. Rencananya, dana itu akan digunakan untuk memperluas pasar dengan membuka cabang baru.

"Saat ini kami telah memiliki 22 cabang," kata Gibran, Senin 23 November 2020. Dia berharap bisa membuka cabang baru sehingga mampu menyerap tenaga kerja di berbagai daerah.

Menurutnya, Alpha JWC Ventures memiliki penilaian yang positif terhadap usaha kulinernya itu. "Karena Mangkok Ku adalah brand food and beverages yang cukup resilient di masa pandemi ini," katanya.

Baca selengkapnya mengenai Gibran Rakabuming di sini.

4. Disaksikan Luhut, Perusahaan Pembiayaan AS Teken LOI Investasi USD 2 M di RI

Disaksikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, perusahaan pembiayaan Amerika Serikat atau The US International Development Finance Corporation (DFC) menandatangani Letter of Interest (LOI) untuk menggelontorkan dana investasi sebesar US$ 2 miliar ke Lembaga Pengelola Investasi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia. Penandatanganan dilakukan CEO US DFC Adam Boehler menandatangani di Washington DC, Kamis, 19 November 2020.

Keterangan tertulis Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Senin, 23 November 2020, menyebutkan pemerintah Indonesia terus mengembangkan opsi pembiayaan dan investasi sektor swasta terhadap proyek strategis nasional dan prioritas lainnya sebagai bagian dari reformasi ekonomi.

DFC menjadi salah satu yang tengah melakukan evaluasi komprehensif terhadap investasinya di Indonesia, sehingga bisa ikut menarik sektor swasta AS berinvestasi di pasar dengan potensi ekonomi yang besar seperti Indonesia.

Simak selengkapnya tentang Luhut di sini.

5. KAI: Tiket Kereta Api untuk Natal dan Tahun Baru Sudah Dapat Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Tiket-tiket yang dijual di antaranya KA Taksaka relasi Yogyakarta - Gambir, KA Gajayana relasi Malang - Gambir pulang pergi, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan - Pasar Senen, KA Argo Parahyangan Bandung - Gambir, KA Mutiara Selatan Surabaya Gubeng - Bandung pulang pergi, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya mengenai tiket kereta di sini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT